Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indeks Hang Seng Hong Kong Catat Penguatan Terbesar

Indeks saham acuan Hong Kong membukukan penguatan persentase harian terbesar pada akhir perdagangan hari ini, Selasa (3/10/2017), didorong kuatnya performa bank-bank daratan utama China.
Indeks Hang Seng/Istimewa
Indeks Hang Seng/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks saham acuan Hong Kong membukukan penguatan persentase harian terbesar pada akhir perdagangan hari ini, Selasa (3/10/2017), didorong kuatnya performa bank-bank daratan utama China.

Indeks Hang Seng ditutup melesat 2,25% atau 618,91 poin di 28.173,21, setelah dibuka dengan kenaikan 1,20% atau 329,91 poin di posisi 27.884,21.

Penguatan Hang Seng di akhir perdagangan hari ini adalah penguatan harian terbesar sejak April 2016. Sebanyak 42 saham menguat dan 9 saham melemah dari 50 saham yang diperdagangkan di Hang Seng hari ini.

Saham Geely Automobile Holdings Ltd. yang melonjak 12,27% memimpin penguatan saham pada indeks Hang Seng di akhir perdagangan, diikuti Industrial & Commercial Bank of China Ltd. (+7,59%) dan China Construction Bank Corp. (+6,17%).

Saham Geely Automobile melonjak 12,3% setelah Morgan Stanley menaikkan peringkatnya menjadi overweight dari equal-weight.

Sementara itu, induk perusahaannya, Zhejiang Geely berencana untuk meningkatkan saham di Saxo Bank yang berbasis di Denmark menjadi lebih dari 50%.

Dilansir Reuters, bank sentral China pada hari Sabtu (30/9) memangkas jumlah uang tunai yang harus dimiliki beberapa bank sebagai cadangan.

Ini adalah langkah yang dilakukan pertama kalinya sejak Februari 2016 dalam upaya mendorong lebih banyak pinjaman bagi perusahaan-perusahaan kecil yang harus berjuang.

Menurut para analis, langkah tersebut diharapkan mendukung marjin bunga bersih (net interest margin) dan pertumbuhan laba bank-bank pada tahun 2018.

Pada saat yang sama, data aktivitas manufaktur yang positif dari China pada akhir pekan juga meningkatkan kepercayaan diri dan meredakan kekhawatiran tentang perlambatan negara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper