Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saham Pertambangan Dorong Indeks Stoxx Europe 600 Rebound

Indeks saham acuan Eropa berhasil membukukan rebound pada akhir perdagangan kemarin, didorong oleh penguatan sejumlah saham pertambangan.
Indeks Stoxx 600/Reuters
Indeks Stoxx 600/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks saham acuan Eropa berhasil membukukan rebound pada akhir perdagangan kemarin, didorong oleh penguatan sejumlah saham pertambangan.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup naik 0,8% pada perdagangan Selasa (22/8/2017), mengakhiri koreksi selama tiga hari perdagangan berturut-turut sebelumnya.

Sektor sumber daya dasar mencatatkan kenaikan pada sesi perdagangan kedua dan merupakan sektor dengan penguatan tertinggi sebesar 1,7%, didukung oleh kenaikan harga bijih besi.

Penguatan saham perusahaan pertambangan BHP Billiton dan Antofagasta masing-masing sebesar 2,1% dan 2% turut mendorong sektor ini.

“Adalah hal yang positif bahwa perusahaan pertambangan dapat mengurangi sebagian utang mereka dan beralih ke periode profitabilitas yang lebih berkelanjutan,” ujar Jasper Lawler, analis pasar senior di London Capital Group, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (23/8/2017).

Di sisi lain, saham Provident Financial terjerembab 66% setelah mengeluarkan peringatan kedua dalam dua bulan atas kondisi labanya, membatalkan dividennya, serta menyatakan mundurnya salah satu pejabat eksekutif perusahaan.

“Secara keseluruhan, ini pasti merupakan bencana bagi tim manajemen dan perusahaan,” papar para analis di Shore Capital Markets dalam sebuah riset, yang menangguhkan rekomendasi "beli" mereka.

Sentimen positif juga ditopang oleh penguatan saham Persimmon sebesar 1,8% setelah membukukan kenaikan 30% pada laba semester pertama.

Musim rilis laporan keuangan perusahaan-perusahaan Eropa hampir mendekati akhirnya, dengan 87% perusahaan MSCI Eropa telah memberikan update untuk kuartal kedua.

Menurut data Thomson Reuters, lebih dari 60% hasil laporan perusahaan-perusahaan ini telah memenuhi ataupun melampaui ekspektasi analis.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper