Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pool Advista (POOL) Bakal Akuisisi Perusahaan Sekuritas dan Asuransi

PT Pool Advista Indonesia Tbk. berencana akuisisi dua perusahaan yang bergerak di bidang usaha sekuritas dan asuransi jiwa pada tahun ini.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pool Advista Indonesia Tbk. berencana akuisisi dua perusahaan yang bergerak di bidang usaha sekuritas dan asuransi jiwa pada tahun ini.

Dalam keterbukaan informasi, Kamis (7/6/2017), emiten bersandi saham POOL itu menyatakan dana right issue sebagian telah digunakan untuk mengakuisisi perusahaan pembiayaan dan perusahaan manajer investasi. Pada tahun ini, emiten jasa konsultasi bisnis, manajemen dan adminsitrasi ini berencana melakukan aksi korporasi kembali.

Pada sisi lain, sebelumnya POOL melakukan penerbitan saham baru melalui mekanisme penawaran umum terbatas (PUT) III dengan memesan efek terlebih dahulu (HMETD) dengan raihan senilai Rp393,73 miliar. Adapun jumlah saham yang akan diterbitkan saat tahun lalu sebanyak 1,57 miliar dengan nominal Rp250 per lembar.

Pada tahun lalu, POOL berhasil mengakuisisi dua entitas perusahaan senilai Rp342 miliar dari dana rights issue. Perusahaan yang telah mengeksekusi adalah PT Indojasa Pratama Finance (IPF) dan PT Kharisma Asset Management (KAM). Masing-masing senilai Rp254 miliar dan Rp88 miliar.

Setelah mengakuisi dua perusahaan pada 2016, jumlah entitas anak POOL menjadi empat perusahaan. Dua perusahaan lain yakni PT Meganindo Intisakti (MI) yang bergerak di bidang jasa reparasi dan perawatan kendaraan bermotor dan PT Widya Dharma Artha (WDA) yang bergerak dalam bidang jasa pendidikan.

Adapun sisa dana right issue POOL hingga saat ini senilai Rp51,73 miliar. Sementara itu, kas dan setara kas yang dimiliki oleh POOL hingga kuartal I/2017 mencapai Rp329,39 miliar, atau meningkat Rp142,59 miliar dibandingkan akhir 2016. Dalam laporan keuangan, pendapatan bersih POOL pada kuartal I/2017 mencapai Rp27,62 miliar dan laba tahun berjalan senilai Rp5,16 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper