MIRAE SEKURITAS: Kinerja COWL Menunjukkan Perbaikan

Prospek operasional PT Cowell Development Tbk. mulai menunjukkan perbaikan pada tahun ini.
Novita Sari Simamora | 24 Juni 2017 00:34 WIB
Karyawan memerhatikan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Senin (29/5). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA--Prospek operasional PT Cowell Development Tbk. mulai menunjukkan perbaikan pada tahun ini.

Dalam riset Mirae Asset Sekuritas Indonesia yang dikutip pada Jumat (23/6/2017), pendapatan emiten bersandi saham COWL menunjukkan diversifikasi karena porsi sewa properti mulai konsisten menyangga total pendapatan perusahaan.

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Franky Rivan dan Mangesti Diah menilai COWL telah melakukan kemajuan yang luar biasa karena membeli mall dan perkantoran pada akhir 2012. Keputusan itu memungkinan COWL untuk mengurangi risiko selama mengalami kesulitan penjualan properti.

"Prospek operasional COWL nampak positif, tetapi kami tetap konservatif terhadap perusahaan karena sebagian besar pendapatan operasionalnya yang sehat pada 2015-2016 tergerus oleh biaya non operasional," tulis mereka.

Ada hal yang cukup menghawatirkan yakni setelah penerbitan utang dalam dolar, sehingga net gearing menjadi 1,5x yang menyebabkan coverage interest rationya turun menjadi 1x pada kuartal I/2017.

Franky dan Mangesti memprakirakan laba COWL bakal tertekan bila perusahaan tidak berupaya menurunkan nilai utang tersebut. Sejak COWL melantai di Bursa Efek Indonesia pada 2008, kinerja saham COWL telah naik 267% dari posisi Rp335 per saham menjadi Rp1.225 per saham.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
cowell development

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top