Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BINAARTHA SEKURITAS: Rekomendasi Saham BJBR, EXCL, SMGR, MAIN, ASII, LSIP

PT Binaartha Sekuritas memprediksi indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan Selasa (11/4/2017) menuju resisten 5.671
Pialang berjalan di Gedung Bursa Efek Indonesia./Bloomberg-Dimas Ardian
Pialang berjalan di Gedung Bursa Efek Indonesia./Bloomberg-Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA--PT Binaartha Sekuritas memprediksi indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan Selasa (11/4/2017) menuju resisten 5.671.

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama mengatakan IHSG ditutup melemah 0,16% di level 5.644,29 pada perdagangan kemarin. Berdasarkan daily pivot dari Bloomberg, support pertama dan kedua berada pada level 5.623,17 dan 5.602,03. Sementara itu, resistance pertama dan kedua berada pada level 5.671,25 dan 5.698,20.

Berdasarkan indikator, MACD bertahan di area positif. Selain itu, stochastic masih di area overbought sementara RSI telah meninggalkan area overbought. Adapun candle membentuk pola bullish spinning top. Hal ini mengindikasikan bahwa adanya potensi rebound pada pergerakan indeks.

"Dengan demikian, IHSG akan berpeluang menuju ke level resistance di area 5.671 dan 5.698," katanya dalam riset.

Adapun saham-saham yang harus diperhatikan adalah BJBR, EXCL, SMGR, MAIN, ASII, dan LSIP.

IHSG SENIN

IHSG berakhir melemah 0,16% atau 9,19 poin ke level 5.644,30 pada perdagangan Senin (10/4/2017).

Dari 540 saham pada IHSG di akhir perdagangan hari ini, sebanyak 142 saham menguat, 185 saham melemah, dan 213 saham stagnan.

Tujuh dari sembilan indeks sektoral IHSG berakhir negatif, dipimpin oleh sektor pertanian (-1,72%) dan properti (-1,18%).

Adapun, sektor aneka industri dan industri dasar masing berakhir dengan kenaikan 0,72% dan 0,45%.

Menurut Muhammad Nafan Aji Gusta Utama, Analis Binaartha Sekuritas, IHSG sempat menguat Senin pagi akibat dipengaruhi oleh efek positif dari hasil perilisan cadangan devisa RI yang melebihi ekspektasi pasar pada Jumat sore lalu.

Namun demikian, faktor eksternal memberikan tekanan pada IHSG, sehingga IHSG melemah, lantaran disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya pernyataan pejabat FOMC yang menegaskan bahwa The Fed sudah pasti akan menaikkan tingkat suku bunga secara gradual.

Pernyataan itu muncul setelah rilis data US Unemployment Rate yang menunjukkan adanya tanda-tanda perbaikan, yakni turun menjadi 4,5%. Faktor tersebut sempat membuat dolar AS menguat pada Jumat lalu.

“Efek dari foreign policy oleh Trump yang cenderung konfrontatif juga memberikan sentimen negatif terhadap IHSG. Misalkan, agresi militer AS secara unilateral melalui serangan udara terhadap pangkalan-pangkalan strategis di Suriah, akibatnya situasi di kawasan Timur Tengah cenderung memanas,” ujarnya, saat dihubungi Senin (10/4/2017).

Ditambah lagi adanya rencana manuver oleh US Navy dalam menunjukkan aksi show of force di Semenanjung Korea pada pekan ini yang bertujuan untuk mengantisipasi ketegangan di Semenanjung Korea akibat kebijakan Korea Utara dalam mengembangkan program persenjataan nuklirnya.

Sejalan dengan IHSG, indeks Bisnis-27 berakhir melemah 0,34% atau 1,68 poin ke 491,97 setelah dibuka dengan kenaikan 0,24% di posisi 494,83.

Di pasar regional, pergerakan bursa saham terpantau bervariasi dengan indeks SE Thailand (-0,15%), indeks FTSE Malay KLCI (-0,13%), indeks PSEi Filipina (+0,45%), sedangkan indeks FTSE Straits Time Singapura bergerak stagnan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper