BURSA EROPA: Pinjaman TLTRO Gelontoran ECB Laris, Indeks Stoxx Ditutup Reli

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup reli 0,9% pada perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), mengakhiri tiga hari pelemahan berturut-turut, ditopang oleh sektor bank yang naik 0,8%.
Renat Sofie Andriani | 24 Maret 2017 06:59 WIB
Bursa Eropa menguat. - .

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan finansial mambantu mendorong kenaikan saham Eropa di saat perusahaan perbankan mendapat pinjaman lebih dari dua kali lipat dari yang diprediksi di bawah program TLTRO European Central Bank (ECB).

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup reli 0,9% pada perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), mengakhiri tiga hari pelemahan berturut-turut, ditopang oleh sektor bank yang naik 0,8%.

Menurut pernyataan ECB, seperti dilansir Bloomberg (24/3/2017), para pemberi pinjaman diberi alokasi senilai 233,5 miliar euro pada putaran final program Targeted Longer-Term Refinancing Operations (TLTRO).

Saham perusahaan wisata dan rekreasi mencatatkan kenaikan terbesar sejak Desember, dipimpin oleh  GVC Holdings Plc, yang melaporkan kenaikan laba lebih kuat dari prediksi pada tahun 2016 serta menyatakan telah membuat performa awal yang baik pada 2017.

Parlemen Inggris kembali melakukan aktivitas pasca serangan di London yang telah mencetuskan teror. Indeks FTSE 100 Inggris naik 0,2%.

“Apa yang pasar tidak prediksi adalah potensi hasil yang positif dari agenda pemilu di Jerman dan Prancis. Skenario ini tidak diprediksi, namun jika terjadi, pasar dapat menjadi lebih optimistis tentang sejumlah proyek yang tak terselesaikan di Eropa. Jajak suara menunjukkan bahwa kesempatan bagi kemenangan Le Pen di Prancis terbatas,” ujar Christian Keller, kepala riset ekonomi Barclays.

Saham Scandic Hotels Group AB melesat 7,9% setelah pemberitaan bahwa Sunstorm Holding AB, yang dikendalikan oleh EQT V Ltd and Accent Equity 2003, mendivestasikan seluruh porsi bagiannya.

Tag : bursa eropa
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top