Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA SUN: Berpeluang Bergerak Terbatas Didominasi Faktor Eksternal

MNC Securities memprediksi harga surat utang negara (SUN) pada perdagangan Jumat (3/2/2017) masih bergerak terbatas dengan arah pergerakan masih bervariasi.

Bisnis.com, JAKARTA— MNC Securities memprediksi harga surat utang negara (SUN) pada perdagangan Jumat (3/2/2017) masih bergerak terbatas dengan arah pergerakan masih bervariasi.

Analis fixed income PT MNC Securities I Made Adi Saputra mengatakan peluang terjadinya kenaikan harga SUN dipengaruhi oleh faktor eksternal, di mana imbal hasil surat utang global pada perdagangan kemarin ditutup dengan kecenderungan mengalami penurunan.

 Terlihat, imbal hasil dari US Treasury dengan tenor 10 tahun sempat diperdagangkan pada kisaran 2,460% setelah keputusan Bank Sentral Amerika untuk mempertahankan suku bunga acuan serta pelaku pasar yang masih menantkan data sektor tenaga kerja di bulan Januari 2017. Adapun imbal hasil dari surat utang Jerman (Bund) dan Inggris (Gilt) dengan tenor yang sama juga ditutup dengan penurunan masing - masing di level 0,426% dan 1,391%.

Hal tersebut setelah Bank Sentral Inggris (BOE) memutuskan untuk tetap mempertahankan suku bunga acuannya di level 0,25% dengan menaikkan perkiraan pertumbuhan ekonomi Inggris di tahun 2017 dari 1,4% di bulan November 2016 menjadi 2,00% pada pertemuan kemarin. Hal tersebut kami perkirakan akan berdampak positif bagi pergerakan harga Surat Utang Negara di pasar sekunder.

Hanya saja kenaikan harga masih akan dibatasi oleh faktor teknikal, di mana harga SUN yang masih bergerak dalam tren penurunan harga yang terjadi pada keseluruhan tenor. “Kondisi tersebut akan membatasi peluang terjadinya kenaikan harga SUN pada perdagangan di akhir pekan ini terlebih pelaku pasar masih akan menantikan data ekonomi domestik yang akan disampaikan pada pekan depan,” katanya dalam riset.

Dengan kondisi tersebut, maka investor disarankan untuk tetap mencermati arah pergerakan harga SUN dengan melakukan strategi trading di tengah pergerakan harga SUN yang cenderung beregrak berfluktuasi pada rentang perubahan harga yang relatif terbatas.

Made masih menyarankan beberapa seri SUN dengan tenor pendek dan menengah yang cukup menarik untuk diperdagangkan seperti seri FR0032, FR0038, FR0048, FR0069, ORI013, FR0031, FR0053, dan FR0070.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper