Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RUPIAH ATAS DOLAR AS 13 JANUARI: Sejumlah Sentimen Domestik Jadi Penggerak Kurs

Samuel Sekuritas memprediksi rupiah berpeluang menguat pada perdagangan Jumat (13/1/2017) didorong oleh sejumlah sentiment global dan domestik.
Rupiah/JIBI-Rachman
Rupiah/JIBI-Rachman

Bisnis.com, JAKARTA— Samuel Sekuritas memprediksi rupiah berpeluang menguat pada perdagangan Jumat (13/1/2017) didorong oleh sejumlah sentiment global dan domestik.

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta memaparkan, dari global ada indeks dolar AS yang tertekan pidato pertama Trump yang kurang memuaskan. Kemudian, ditambah oleh data initial jobless claims yang naik tajam semalam.

Adapun, pernyataan optimistis beberapa petinggi the Fed semalam mengenai rencana fiskal Trump, tidak berhasil mencegah pelemahan dolar dan turunnya imbal hasil US Treasury. Sementara itu, harga minyak mentah kembali menguat dipicu data produksi minyak OPEC yang turun.

“Selain itu, dari global ada penjualan ritel AS ditunggu malam nanti, diperkirakan membaik,” papar Rangga dalam risetnya.

Pada sisi lain, rupiah terus menguat pada perdagangan Kamis, dengan pelemahan dolar yang lebih merata terhadap kurs di Asia. Sebelum beralih ke rilis neraca perdagangan (diperkirakan menipis surplusnya) serta RDG BI (BI RR rate diperkirakan tetap) minggu depan, fokus tertuju pada debat cagub DKI Jakarta Jumat malam.

“Kebijakan fiskal yang lebih kredibel serta diresmikannya PP minerba mempertahankan dominasi sentimen positif dari domestik. Rupiah berpeluang melanjutkan penguatannya pada perdagangan hari ini,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper