Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KURS RUPIAH ATAS DOLAR AS 27 DESEMBER: Pelemahan Dolar AS dan Penguatan Harga Komoditas Jadi Penggerak Kurs

Samuel Sekuritas memprediksi rupiah berpeluang menguat pada perdagangan Selasa (27/12/2017) di tengah pelemahan dolar AS dan kenaikan harga komoditas.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA— Samuel Sekuritas memprediksi rupiah berpeluang menguat pada perdagangan Selasa (27/12/2017) di tengah pelemahan dolar AS dan kenaikan harga komoditas.

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta memaparkan dollar index mulai melemah di perdagangan terakhir. Sementara, S&P 500 bergerak mendatar di tengah tren naiknya akhir pekan lalu. 

Adapun, harga minyak mentah secara umum masih menguat sehingga menjaga harga komoditas lain tetap kuat walaupun telah terkoreksi. Dia menilai, fokus investor saat ini ada pada data consumer confidence index AS yang diperkirakan turun tipis yang akan dirilis malam ini.

Selain itu, fokus investor global masih tertuju pada kebijakan yang akan diambil oleh Trump. Pada sisi lain, rupiah stabil dengan kecenderungan menguat pada perdagangan akhir pekan lalu. Terlihat dollar yang juga melemah terhadap mayoritas kurs di Asia.

“Rupiah berpeluang terus menguat minggu ini di tengah pelemahan dollar index dan penguatan harga komoditas,” katanya dalam riset.

Namun demikian, ekspektasi rendah pemerintah terhadap realisasi belanja di akhir 2016 bisa tercermin dari pertumbuhan kuartal IV/2016 yang tidak terlalu cepat sehingga bisa memberikan sentimen negatif di kuartal I/2017. Pada sisi lain defisit APBN terhadap PDB bisa terhindar dari pelebaran di atas 3%.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper