BURSA EROPA: Indeks Stoxx Menguat ke Level Tertinggi Sejak Januari

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,48% atau 1,73 poin ke posisi 361,32 setelah bergerak pada kisaran 359,42 hingga 361,32. Level ini merupakan yang tertinggi sejak 4 Januari.
Aprianto Cahyo Nugroho | 21 Desember 2016 06:23 WIB
Ilustrasi - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa ditutup menguat tipis pada perdagangan Selasa (20/12/2016), di tengah meningkatnya aktivitas kesepakatan perusahaan serta tanda-tanda kestabilan sektor perbankan di Italia.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,48% atau 1,73 poin ke posisi 361,32 setelah bergerak pada kisaran 359,42 hingga 361,32. Level ini merupakan yang tertinggi sejak 4 Januari.

Sektor finansial memberikan dorongan terbesar pada indeks. Adapun indeks Italia FTSE MIB menjadi bursa regional terbaik pada perdagangan Selasa dengan penguatan 1,5% ke level tertinggi sejak akhir Januari.

Peningkatan aktivitas merger dan akuisisi perusahaan membantu mendukung berlangsungnya reli akhir tahun, dengan Mediaset melonjak 23% di tengah rencana Vivendi untuk meningkatkan kepemilikan sahamnya di penyiar Italia tersebut hingga 30%.

Harga saham Mediaset telah melonjak dua kali lipat sejak akhir November.

Aktivitas Kesepakatan perusahaan mengalami penurunan pada awal tahun ini di tengah ketidakpastian pada Brexit, pemilihan presiden AS, dan upaya Italia untuk menstabilkan sistem perbankan.

"Bisa jadi banyak perusahaan yang khawatir tentang Brexit dan Trump awal tahun ini telah menyadari bahwa tidak ada yang benar-benar berubah, pasar meningkat dan mereka ingin melakukan penawaran," kata Artur Baluszynski, kepala penelitian di perusahaan investasi Henderson Rowe, seperti dikutip Reuters.

Sementara itu, Italia naik 2,3% setelah pemerintah memutuskan untuk meminta persetujuan parlemen untuk meminjam 20 miliar euro uintuk menjamin stabilitas bank, dimulai dengan upaya bail-out terhadap Monte dei Paschi di Siena.

Tag : bursa eropa stoxx europe 600
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top