Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA EROPA: Putusan ECB Tak Terduga, Indeks Stoxx Melesat

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 1,23% atau 4,26 poin ke level 351,96 setelah bergerak pada kisaran 347,27 352,15.
Bursa Eropa menguat./.
Bursa Eropa menguat./.

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa menguat ke level tertinggi dalam 11 bulan terakhir pada Kamis menyusul keputusan tak terduga Bank Sentral Eropa untuk memotong pembelian aset bulanan.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 1,23% atau 4,26 poin ke level 351,96 setelah bergerak pada kisaran 347,27 – 352,15.

Seperti dilansir Reuters, keputusan European Central Bank (ECB) untuk memotong program pembelian aset bulanan memicu kenaikan imbal hasil obligasi zona euro, yang pada akhirnya mendorong saham perbankan.

"ECB hari ini mengumumkan bahwa mereka akan mulai mengurangi pembelian aset, yang menandakan bahwa ECB mencapai batas yang dapat dilakukan di bawah program pembelian obligasi," kata Craig Erlam, analis OANDA, seperti dikutip Reuters.

Imbal hasil obligasi yang lebih tinggi terlihat mengurangi tekanan pada marjin bank yang telah ditekan oleh perlambatan pertumbuhan ekonomi dan tingkat suku bunga yang rendah.

ECB menyatakan akan memangkas pembelian aset menjadi 60 miliar euro per bulan per April 2017 mendatang dari 80 milyar euro, namun berjanji memberikan stimulus lanjutan untuk membantu pemulihan ekonomi..

Indeks perbankan Eropa, yang masih turun 6,8% sepanjang 2016, menguat awal pekan ini setelah investor bergegas untuk membeli saham bank Italia di tengah spekulasi bahwa solusi untuk menyelamatkan bank Monte dei Paschi dapat dicapai, bahkan dengan melibatkan bantuan negara.

Harapan tersebut membantu menghindari kekhawatiran atas ketidakstabilan politik di Italia setelah Perdana Menteri Matteo Renzi mengundurkan diri pasca kekalahan dalam referendum hari Minggu lalu atas rencana untuk reformasi konstitusi.

Indeks sektor perbankan Italia naik 3,6% ke level tertinggi lima bulan dengan Monte dei Paschi naik 4,1%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper