Mitra Pinasthika Mustika Cetak Penjualan Rp13,2 Triliun

Perusahaan konsumer otomotif PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. (MPMX) mencatatkan pendapatan sebesar Rp13,2 triliun sepanjang kuartal III/2016 atau naik 9% secara tahunan.
Novita Sari Simamora | 02 Desember 2016 22:30 WIB
PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. - nissanyogyakarta

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan konsumer otomotif, PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. (MPMX) mencatatkan pendapatan sebesar Rp13,2 triliun sepanjang kuartal III/2016 atau naik 9% secara tahunan.

CEO Mitra Pinasthika Mustika Group Rudy Halim menjelaskan bahwa keberhasilan MPMX dalam mempertahankan kinerja keuangan yang stabil selama sembilan bulan ini merupakan suatu prestasi sekaligus tantangan bagi perusahaan di masa mendatang.

“Kami akan terus membangun rekam jejak perusahaan yang berkesinambungan di masa mendatang dan meningkatkan efisiensi operasional dengan berfokus pada arus kas operasional di setiap anak perusahaan yang bukan hanya positif, tapi terus tumbuh,” tulisnya dalam keterangan resmi, Jumat (2/12/2016).

Dia menuturkan pertumbuhan pendapatan di segmen consumer auto parts sebesar 25% serta distribusi & ritel yang bertambah sebesar 11%.

Sementara itu, laba bersih yang diatribusikan kepada entitas induk tercatat tumbuh stabil sebesar Rp290 miliar. Menurutnya, pertumbuhan positif itu terlihat dari arus kas operasional perusahaan yang naik sebesar 24% secara tahunan.

Rudy mengatakan strategi yang dilakukan yakni memperkuat fundamental bisnis serta meningkatkan daya saing di tengah kondisi ekonomi yang penuh tantangan.

Untuk bisnis distribusi dan ritel kendaraan roda dua, MPMX melalui MPMulia mencatatkan penjualan sebanyak 673.487 unit hingga kuartal III/2016, naik 2% secara year on year. Dia mengklaim anak usaha roda dua ini telah berhasil memimpin di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur.

Pada kuartal III/2016, MPMulia juga mencatatkan pendapatan Rp10,7 triliun, tumbuh 9% year on year. Adapun peningkatan nilai penjualan itu didorong oleh peluncuran produk skuter dan motor sports selama periode ini.

Adapun bisnis distribusi dan ritel kendaraan roda empat, MPMAuto mencatat angka pertumbuhan penjualan sebanyak 67% dibanding periode yang sama sebelumnya melalui penjualan 4.021 unit mobil Nissan – Datsun lewat 11 diler yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Sementara itu, MPMAuto juga mencatatkan peningkatan pendapatan sebesar 50% secara year on year menjadi Rp641 miliar pada kuartal III/2016.

Pada segmen bisnis consumer auto parts (suku cadang), MPMX melalui PT Federal Karyatama (FKT), mencatat pendapatan pada kuartal III/2016 senilai Rp1,26 triliun, tumbuh 8% year on year

Tag : kinerja emiten, mpmx
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top