Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA EROPA: Imbal Hasil Obligasi Meningkat, Indeks Stoxx Ditutup Naik Tipis

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,22% atau 0,73 poin ke level 338,23 setelah bergerak pada kisaran 337,36 341,98. Indeks naik 2,6% pekan lalu, didorong oleh kemenangan mengejutkan dari Donald Trump dalam pemilihan presiden AS, yang memicu harapan dari stimulus fiskal besar di negara ini.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa ditutup menguat tipis pada perdagangan Senin, didorong oleh penguatan sektor finansial dan tambang walaupun diimbangi oleh penguatan imbal hasil obligasi.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,22% atau 0,73 poin ke level 338,23 setelah bergerak pada kisaran 337,36 – 341,98.

Indeks naik 2,6% pekan lalu, didorong oleh kemenangan mengejutkan dari Donald Trump dalam pemilihan presiden AS, yang memicu harapan dari stimulus fiskal besar di negara ini.

Reaksi pasar lebih lanjut mendukung ekspektasi kenaikan suku bunga AS, mendorong minat lebih investor pada saham siklis seperti saham perbankan daripada saham defensif seperti utilitas dan real estate.

"Saham Eropa memulai hari ini di zona positif, lalu efek bullish berkurang menjeang akhir perdagangan," kata Jasper Lawler, analis CMC Markets, seperti dikutip Reuters.

Ia menambahkan bahwa para investor resah atas implikasi dari penurunan tajam harga obligasi.

Sektor utilitas mencapai level terendah tiga tahun sebelum ditutup melemah 2% dan menjadi sektor pendorong utama, sedangkan sektor telekomunikasi turun 0,5%. Adapun sektor energi, bahan pokok, dan real estate juga ditutup melemah setelah sebelumnya dibuka menguat.

Sementara itu, sektor perbankan naik 2,1% dan menjadi sektor pendorong utama di tengah serangkaian laporan tentang kemungkinan kegiatan merger pada emiten di sektor ini .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper