Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PASAR OBLIGASI: Jelang Pemilu AS dan Lelang Surat Berharga, Harga SUN Bergerak Terbatas

Harga surat utang negara (SUN) pada perdagangan Senin (7/11/2016) diprediksi cenderung bergerak terbatas jelang pelaksanaan pemilihan umum Presiden Amerika Serikat serta lelang penjualan SUN
Memantau layar surat utang negara./.Bisnis
Memantau layar surat utang negara./.Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA—Harga surat utang negara (SUN) pada perdagangan Senin (7/11/2016) diprediksi cenderung bergerak terbatas jelang pelaksanaan pemilihan umum Presiden Amerika Serikat serta lelang penjualan SUN.

Selain itu investor juga menantikan data pertumbuhan ekonomi kuartal III tahun 2016, di mana analis memperkirakan ekonomi Indonesia di kuartal III/2016 tumbuh sebesar 3,25% dibandingkan dengan kuartal II/2016 (QoQ) dan sebesar 5,08% dibandingkan dengan kuartal III/2015 (YoY).

Analis fixed income PT MNC Securities I Made Adi Samputra mengatakan harga SUN masih akan berpeluang mengalami penurunan di tengah indikator teknikal yang masih menunjukkan tren penurunan, terutama pada seri SUN dengan tenor di atas 10 tahun.

Sedangkan untuk tenor pendek di bawah 10 tahun, secara teknikal pergerakan harganya masih berada pada area konsolidasi dimana meskipun terjadi koreksi harga, perubahan harganya tidak akan terlalu besar dan akan cenderung bergerak mendatar dalam jangka pendek.

“Dengan kombinasi dari beberapa faktor tersebut serta agenda lelang penjualan SUN dan pemilihan umum Presiden Amerika Serikat yang akan diadakan pada hari Selasa, maka kami menyarankan kepada investor untuk tetap mencermati pergerakan harga SUN di pasar sekunder,” katanya dalam riset.

Dia masih merekomendasikan strategi trading secara aktif dengan menggeser portofolio dengan tenor yang lebih pendek bagi investor dengan horizon investasi jangka pendek di tengah kondisi harga SUN yang masih bergerak berfluktuasi dalam jangka pendek.

Adapun bagi investor dengan horizon investasi jangka panjang, adanya koreksi pada SUN tenor panjang dapat dimanfaatkan untuk melakukan akumulasi secara bertahap di tengah tren penurunan suku bunga perbankan di dalam negeri dengan pilihan diantaranya adalah FR0070, FR0073, FR0058, FR0045 dan FR0067.

Sementara itu dari pasar surat utang global, imbal hasil surat utang global pada perdagangan di akhir mengalami penurunan dimana imbal hasil US Treasury dengan tenor 10 tahun ditutup turun pada level 1,778% dari posisi penutupan sebelumnya di level 1,812% setelah data sektor tenaga kerja Amerika di bulan Oktober 2016 tumbuh dibawah estimasi analis.

Data Nonfarm Payrolls di bulan Oktober 2016 bertambah sebanyak 161 ribu tenaga kerja, di bawah konsensus analis yang sebesar 178 ribu tenaga kerja srta turun dari data di bulan September 2016 yang mencapai 191 ribu tenaga kerja. Namun demikian data sektor tenaga kerja menunjukkan perbaikan di sisi tingkat pengangguran yang turun menjadi 4,9% dari 5,0% di bulan September 2016 serta tingkat upah rata - rata per jam yang meningkat 0,4% dibandingkan dengan periode di bulan September 2016.

Sementara itu imbal hasil surat utang Jerman (Bund) serta imbal hasil surat utang Inggris dengan tenor yang sama ditutup turun masing -masing pada level 0,14% dan 1,133% setelah pasar saham di Eropa mengalami koreksi yang cukup besar mendorong investor untuk masuk kepada aset yang lebih aman (safe haven asset). Hal tersebut kami perkirakan juga akan berpengaruh terhadap pergerakan harga Surat Utang Negara pada perdagangan hari ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper