Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Gas Industri Turun, CIMB Rekomendasi Add Saham PGAS

Harga gas industri bakal turun, CIMB Securities tetap merekomendasikan add untuk saham PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. (PGAS) dengan target harga Rp3.250.
Kilang minyak dan gas/Bisnis.com
Kilang minyak dan gas/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Harga gas industri bakal turun, CIMB Securities tetap merekomendasikan add untuk saham PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. (PGAS) dengan target harga Rp3.250.

Presiden Joko Widodo sudah memberi instruksi untuk menurunkan harga gas industri menjadi US$5 per million metric British Thermal Unit (mmBTU) hingga US$6 per mmBTU mulai awal 2017, dari sebelumnya US$9 per mmBTU sampai US$10 per mmBTU.

Meski belum ada rincian mekanisme pemotongan harga, Plt Menteri Energi Sumber Daya Mineral Luhut Pandjaitan mengatakan akan memotong biaya dari hulu dan midstream yang juga merupakan porsi bagi pemerintah dalam production sharing contract.

Presiden menjadwalkan November 2016 sebagai tenggat waktu finalisasi skema harga dengan rencana implementasi pada Januari 2017. Jika harga gas diturunkan menjadi US$5 hingga US$6 per mmBTU pada upstream, maka sampai pada konsumen akhir dapat mencapai US$7-8/mmBTU.

CIMB Securities menyatakan target untuk menurunkan harga gas dan komentar dari Luhut mengindikasikan bahwa pemerintah akan membatalkan skema harga lama dan akan berefek pada seluruh pemain yang ada di dalam rantai pasokan. Menteri juga mengatakan akan ada 10 industri yang mendapatkan keuntungan yang sebelumnya hanya ada tujuh sektor yang menangguk keuntungan ini.

"Proyeksi kami pada PGAS, kami berasumsi total sekitar US$2,50 per mmBTU untuk pemotongan harga gas yang akan menjadi US$6,5 per mmBTU dan termasuk US$0,25 per mmBTU pemotongan pada margin PGAS," tulis CIMB Securities dalam riset yang terbit pada Jumat (7/10/2016).

CIMB Securities tetap pada rating add dengan skenario penurunan 7% sampai 22% pada valuasi discounted cash flow/ DCF untuk US$0,2 sampai US$0,5 tambahan potongan. Pada perdagangan Jumat (7/10/2016), PGAS ditutup turun 2,62% ke posisi Rp2.600.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper