Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Didorong Rilis Cadev, Harga SUN Berpeluang Naik

MNC Securities memprediksi harga surat utang negara (SUN) pada perdagangan Kamis (8/9/2016) cenderung bergerak berfluktuasi dengan adanya peluang untuk mengalami kenaikan didukung oleh meningkatnya cadangan devisa.

Bisnis.com, JAKARTA— MNC Securities memprediksi harga surat utang negara (SUN) pada perdagangan Kamis (8/9/2016) cenderung bergerak berfluktuasi dengan adanya peluang untuk mengalami kenaikan didukung oleh meningkatnya cadangan devisa.

Analis fixed income PT MNC Securities I Made Adi Saputra mengatakan menjelang berakhirnya sesi perdagangan kemarin, Bank Indonesia menyampaikan bahwa angka cadangan devisa di Agustus 2016 senilai US$113,5 miliar. Posisi cadangan devisa di bulan Agustus 2016 lebih tinggi dibandingkan dengan posisi akhir Juli 2016 yang sebesar US$111,4 miliar.

Peningkatan tersebut terutama dipengaruhi oleh penerimaan cadangan devisa, antara lain berasal dari penerimaan pajak dan devisa migas, penarikan pinjaman luar negeri pemerintah, dan hasil lelang Surat Berharga Bank Indonesia (SBBI) valas, yang melampaui kebutuhan devisa untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah dan SBBI valas jatuh tempo.

Menurutnya, Bank Indonesia menyatakan bahwa cadangan devisa per akhir Agustus 2016 tersebut cukup untuk membiayai 8,7 bulan impor atau 8,3 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan.

“Kami perkirakan dengan peningkatan cadangan devisa tersebut, Bank Indonesia akan mampu untuk meredam gejolak di pasar valuta apabila Bank Sentral Amerika menikkan suku bunga acuannya,” katanya dalam riset, Kamis (8/9/2016).

Adapun secara teknikal, harga SUN masih berada pada tren kenaikan sehingga dalam jangka pendek masih terbuka peluang untuk mengalami kenaikam. Hanya saja menjelang pelaksanaan Rapat Dewan Gubernur Bank Sentral Amerika (FOMC Meeting) di tanggal 21- 22 September mendatang, harga SUN masih akan bergerak berfluktuasi sebagai respon atas data - data ekonomi Amerika yang akan dirilis jelang pelaksanaan FOMC Meeting.

“Dengan kondisi tersebut kami menyarankan kepada investor untuk tetap mencermati arah pergerakan harga SUN dengan melakukan strategi trading jangka pendek memanfaatkan momentum kenaikan harga SUN dengan pilihan pada seri FR0052, FR0054, FR0058, FR0065, FR0068, FR0072 dan FR0067.”

Sementara itu dari perdagangan surat utang global, imbal hasil dari surat utang global pada perdagangan kemarin kembali ditutup dengan kecenderungan mengalami penurunan. Imbal hasil dari US Treasury dengan tenor 10 tahun ditutup naik terbatas pada level 1,537% dari posisi penutupan sebelumnya di level 1,535%.

Sedangkan imbal hasil dari surat utang Jerman (Bund) dengan tenor yang sama ditutup turun pada level -0,12% dari posisi penutupan sebelumnya di level -0,112% dan imbal hasil surat utang Jepang juga ditutup turun pada level -0,054% dari posisi penutupan sebelumnya di level -0,023%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper