Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RUPIAH ATAS DOLAR AS 14 JUNI: Ini Prediksi Pergerakan Kurs

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat berpeluang menguat di tengah pelemahan dolar AS dan penguatan harga minyak mentah dunia.
Rupiah
Rupiah

Bisnis.com, JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat berpeluang menguat di tengah pelemahan dolar AS dan penguatan harga minyak mentah dunia.

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta mengatakan rupiah hanya melemah tipis hingga penutupan Senin sore walaupun mayoritas kurs di Asia tertekan penguatan dolar AS. Buruknya data permintaan domestik Tiongkok juga menekan kurs dan bursa saham di Asia.

Dari domestik, negosiasi RABPN-P 2016, tax amnesty serta rencana perombakan kabinet menjadi perhatian utama para investor. Selain itu, data perdagangan Mei 2016 serta Rapat Dewan Gubernur BI di tengah minggu ini juga menjadi perhatian.

"Rupiah berpeluang mengembalikan kekuatannya hari ini di tengah pelemahan dolar dan penguatan harga minyak mentah," kata Rangga dalam risetnya, Selasa (14/6/2016).

Indeks dolar kembali melemah setelah sempat menguat tajam hari sebelumnya. Volatilitas terlihat makin tinggi menjelang FOMC meeting yang akan disimpulkan pada Kamis dini hari. Ditambah, isu brexit juga menambah kekhawatiran investor global.

Sementara itu, imbal hasil global terlihat masih tertekan hingga dini hari tadi. Inflasi barang impor AS ditunggu malam nanti diperkirakan berkurang deflasinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper