Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AISA Divestasi Saham GOLL ke JOM Prawarsa Indonesia

Emiten perkebunan PT Golden Plantation Tbk. resmi berganti perusahaan induk dari PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk. menjadi PT JOM Prawarsa Indonesia.
TPS Food/tigapilar.com
TPS Food/tigapilar.com

Bisnis.com, JAKARTA--Emiten perkebunan PT Golden Plantation Tbk. resmi berganti perusahaan induk dari PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk. menjadi PT JOM Prawarsa Indonesia. Keduanya dikendalikan oleh Stefanus Joko Mogoginta.

Berdasarkan keterbukaan informasi Jumat (13/5), Direktur Utama PT Golden Plantation Tbk. Budhi Iswanto Suwito menuturkan perjanjian jual beli 2.864.990.000 lembar saham (78,17%) senilai Rp521,43 miliar itu ditandatangani pada Rabu (11/5).

Transaksi tersebut merupakan transaksi afiliasi lantaran PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk. dan PT JOM Prawarsa Indonesia dikendalikan oleh orang yang sama, akni Stefanus Joko Mogoginta. Dalam struktur manajemen emiten berkode saham AISA itu, Stefanus Joko Mogoginta menjabat sebagai Direktur Utama, sedangkan di PT JOM Prawaesa Indonesia Joko menjabat sebagai Direktur.

"Pengalihan saham dari AISA kepada JOM Prawarsa Indonesia tidak mengakibatkan perubahan pengendalian Golden Plantation karena perseroan tetap dikendalikan oleh Stefanus Joko Mogoginta melalui JOM Prawarsa Indonesia," tulisnya, Jumat (13/5). 

PT JOM Prawarsa Indonesia merupakan perseroan terbatas yang baru didirikan pada 17 Agustus 2015. Adapun Dewan Komisaris perusahaan ini diduduki oleh Fanny Virgoria dan Stefanus Joko Mogoginta sebagai Direktur. Dua direktur tersebut merupakan pemegang saham Jom Parawarsa Indonesia berturut-turut sebesar 20% dan 80%.

Modal dasar perusahaan tersebut dipatok sebesar Rp100 miliar dengan jumlah modal disetor sebesar Rp25 miliar setara 25.000 lembar saham.

Pasca transaksi divestasi tersebut, saham AISA maupun GOLL kompak menguat. Pada penutupan perdagangan Jumat (13/5), harga saham AISA ditutup menguat 8,47% ke level Rp1.280/saham dan saham GOLL naik 4,55% ke Rp138/saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper