Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA EROPA 15 MARET: Stoxx Sentuh Titik Tertinggi 2 Bulan

Indeks STOXX 600 menguat 0,71% atau 2,43 poin ke level 344,66 pada penutupan perdagangan Senin (15/3/2016) setelah sempat naik hinnga 1,1% di perdagagangan intraday.

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks bursa Eropa berakhir di level tertinggi 2 bulan dipimpin oleh penguatan saham emiten komoditas dan otomotif.

Indeks STOXX 600 menguat 0,71% atau 2,43 poin ke level 344,66 pada penutupan perdagangan Senin (14/3/2016) setelah sempat naik hinnga 1,1% di perdagagangan intraday.

Saham-saham komoditas dan perbankan memimpin indeks bursa Eropa rebound 14% dari titik terendah Februari. Stoxx 600 kini diperdagangkan 15 kali estimasi pendapatan saham anggotanya, naik dari 13,2 kali pada bulan lalu.

Aksi beli yang didorong oleh sentimen stimulus dari European Central Bank pada Jumat berlanjut di awal pekan ini. Investor memutuskan mengesampingkan komentar Presiden ECB Mario Draghi tentang akhir pemangkasan suku bunga dan berkonsentrasi pada kebijakan pelonggaran moneter yang diambil ECB.

“Kita hampir kembali ke titik awal tahun ini dan sepertinya harga saham masih bisa meneruskan reli. Setelah reaksi awal yang minim terhadap kebijakan ECB, pasar akhirnya memutuskan mereka menyukai langkah ECB,” kata William Hobbs dari Barclays Plc di London kepada Bloomberg.

Investor kini menunggu langkah yang akan diambil oleh The Fed dan Bank of Japan yang dijadwalkan menggelar rapat kebijakan moneter pekan ini. Bank of Japan bulan lalu mengejutkan pasar dengan menurunkan suku bunga ke zona negatif.

Saham emiten komoditas memimpin penguatan Stoxx di awal pekan dengan penguatan tertajam dicapai oleh saham Anglo American sebesar 6%. Sektor pertambangan telah rebound 41% dari level terendah 13 tahun yang dicapai pada Januari.

Euro yang hari ini melemah hingga 0,7% mendongkrak harga saham emiten otomotif. Volkswagen naik 1,7%, Fiat menguat 2,2%, sedangkan Renault naik 2,17%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper