Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Moody's Turunkan Peringkat Berau Coal Menjadi B3

Lembaga pemeringkat Moody's Investor Service menurunkan peringkat PT Berau Coal Energy Tbk. menjadi B3 dari sebelumnya B2 serta peringkat senior secured atas obligasi yang diterbitkan perseroan dan Berau Resources Pte. Ltd.
Penambangan batu bara Berau Coal/Bisnis
Penambangan batu bara Berau Coal/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Lembaga pemeringkat Moody's Investor Service menurunkan peringkat PT Berau Coal Energy Tbk. menjadi B3 dari sebelumnya B2 serta peringkat senior secured atas obligasi yang diterbitkan perseroan dan Berau Resources Pte. Ltd.

Brian Grieser, Vice President dan Senior Analis Moody's, mengatakan pada saat yang sama, pihaknya akan mengkaji untuk menurunkan peringkat atas review perseroan.

"Penurunan peringkat Berau Coal Energy ke B3 mencerminkan profil likuiditas yang melemah dan pandangan kami bahwa penurunan secara terus menerus pada harga batu bara termal akan menyebabkan laba dan arus kas juga turun pada 2015," tulisnya dalam keterangan pers, Kamis (6/11/2014).

Dia mengungkapkan, penurunan peringkat diakibatkan oleh memburuknya kinerja operasional BRAU ditambah dengan perubahan kontrol tidak langsung dari induknya, Bumi Plc. Selain itu, ketidakpastian rencana refinancing utang jatuh tempo US$450 juta pada 2015 juga menambah profil pelemahan kredit.

Pelemahan harga batu bara hingga beberapa bulan mendatang, sambungnya, membuat proyeksi Moody's atas EBITDA proyek BRAU turun di bawah US$200 juta pada 2014 dan mendekati US$150 juta pada 2015.

Tercatat, per 30 Juni 2014, BRAU memiliki saldo kas sebesar US$343 juta yang dinilai akan memberikan fleksibilitas dalam upaya membiayai obligasi. Tetapi, kas tersebut tidak cukup untuk sepenuhnya membiayai refinancing utang jatuh tempo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper