Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aksi Tukar Saham: Polaris Kendalikan 44,8% Saham Trikomsel

Polaris Ltd. melakukan aksi tukar saham PT Trikomsel Oke Tbk. milik Standard Chartered Private Equity Limited sebesar 13,5%.
Ilustrasi/trikomsel.com
Ilustrasi/trikomsel.com

Bisnis.com, JAKARTA – Polaris Ltd. melakukan aksi tukar saham PT Trikomsel Oke Tbk. milik Standard Chartered Private Equity Limited sebesar 13,5%.

Dengan demikian, kepemilikan perusahaan asal Singapura itu bertambah menjadi 2,1 miliar saham atau sebesar 44,88%.

Peter Ang Chuan Hui, Executive Director Polaris, dalam keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia, Jumat (17/10/2014), mengungkapkan telah membeli 642,8 juta lembar saham emiten berkode TRIO tersebut pada 16 Oktober 2014 dengan harga Rp1.440 per saham

“Perusahaan [Polaris] telah mengeluarkan 4,2 miliar consideration shares untuk Standard Chartered,” ujarnya seperti dikutip dari rilis resmi Polaris, Jumat (17/10/2014).

Semula, dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Singapura belum lama ini, Polaris menargetkan dapat merampungkan transaksi itu sesuai dengan kesepakatan antara kedua belah pihak sebelum 30 September 2014.

Namun, Peter menjelaskan kedua belah pihak telah sepakat memperpanjang akhir dari perjanjian itu menjadi 21 Oktober 2014 hingga mereka mendapatkan kesepahaman untuk mengeksekusi rencana tersebut.

Penambahan kepemilikan di Trikomsel merupakan lanjutan dari rangkaian aksi Polaris sebelumnya yang telah menguasai 31,38% saham di emiten distribusi handset tersebut per akhir September 2014.

Cerita bermula pada 4 Agustus 2014. Polaris yang tercatat di Bursa Singapura mengadakan dua perjanjian jual beli saham TRIO.

Pemegang saham Trikomsel Sugiono Wiyono Sugialam dan PT SL Trio menandatangani perjanjian jual beli bersyarat dengan Polaris, perusahaan yang saham mayoritasnya dimiliki Sugiono.

Jalur yang ditempuh yakni tukar saham (share swap) antara Sugiono sejumlah 57,4 juta lembar dan milik SL Trio sebanyak 446,9 juta saham dengan saham Polaris. Nilai jual beli saham yang disepakati saat itu Rp1.240 per saham.

Selain itu, pada 6 Agustus 2014, Polaris juga membeli 989,5 juta saham biasa yang dimiliki JPMIB Canopus Corporate Finance Limited, atau sekitar 20,78% saham Trikomsel, pada harga Rp1.440 per saham.

Peter mengatakan rangkaian akuisisi saham TRIO  dapat membuka peluang pasar baru bagi Polaris Group mengingat Trikomsel memiliki jaringan dan merek yang dikenal luas di Tanah Air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maftuh Ihsan
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper