SARANA MENARA (TOWR): Grup Djarum Konsolidasikan Kepemilikan Saham

Grup konglomerasi Djarum yang dikendalikan keluarga Hartono mengonsolidasikan dua kepemilikan sahamnya di PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) kepada PT Sapta Adhikari Investama.
Gloria Natalia Dolorosa | 02 September 2014 22:05 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Grup konglomerasi Djarum yang dikendalikan keluarga Hartono mengonsolidasikan dua kepemilikan sahamnya di PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) kepada PT Sapta Adhikari Investama.

Keluarga Hartono mengendalikan TOWR lewat dua perusahaan yakni PT Tricipta Mandhala Gumilang dan PT Caturguwiratna Sumapala. Berdasarkan laporan keuangan TOWR per Juni 2014, Tricipta mengantongi 1,7 miliar saham, setara dengan 16,68%, dari modal disetor dalam TOWR.

Sedangkan Caturguwiratna menggenggam 1,64 miliar saham, setara dengan 16,03% dalam TOWR.

Lewat keterbukaan informasi, Selasa, (2/9/2014), manajemen Tricipta menyatakan akan menjual 1,7 miliar sahamnya di dalam TOWR lewat pasar negosiasi pada 3 September 2014. Settlement juga dilakukan besok.

Direktur Utama Tricipta Mandhala Gumilang, Victor Rahmat Hartono mengatakan transaksi penjualan di pasar negosiasi bertujuan merestrukturisasi internal pemegang saham pengendali TOWR, berupa konsolidasi kepemilikan atas saham TOWR ke dalam satu perusahaan, yaitu PT Sapta Adhikari Investama.

"Dengan tidak mengubah komposisi ultimate beneficial ownership atas saham TOWR yang dialihkan tersebut," tulis Victor dalam keterbukaan informasi.

Tricipta telah memiliki rekening efek di PT BCA Sekuritas dan telah memiliki single investor identification (SID) serta rekening dana nasabah. 

Pada saat yang sama, yakni 3 September 2014, Caturguwiratna akan menjual 1,64 miliar sahamnya dalam TOWR lewat pasar negosiasi.

Direktur Utama Caturguwiratna Sumapala, Stefanus Wijaya Hartono menyatakan transaksi bertujuan untuk melaksanakan restrukturisasi internal pemegang saham pengendali TOWR berupa konsolidasi kepemilikan atas saham TOWR ke Sapta Adhikari Investama.

Victor Rahmat Hartono dan Stefanus Wijaya Hartono adalah generasi ketiga pemilik Grup Djarum, yakni Robert Rudi Hartono. Harga saham TOWR pada penutupan perdagangan Selasa, (2/9/2014) bertengger di level Rp4.200, naik 2,44% dari hari sebelumnya.

 

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top