Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Obligasi Rp1 Triliun, Sarana Multi Infrastruktur Tunjuk 4 Underwriter

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) menunjuk empat penjamin emisi (underwriter) dalam rencana penerbitan obligasi perseroan sebesar Rp1 triliun pada kuartal II/2014 ini, yakni PT Mandiri Sekuritas, PT Danareksa Sekuritas, PT Indo Premier Securities, dan PT CIMB Securities Indonesia.
Herdiyan
Herdiyan - Bisnis.com 28 April 2014  |  20:39 WIB
 Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) menunjuk empat penjamin emisi (underwriter) dalam rencana penerbitan obligasi perseroan sebesar Rp1 triliun pada kuartal II/2014 ini.

Direktur Utama Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Emma Sri Martini menuturkan ke-4 perusahaan penjamin emisi itu adalah PT Mandiri Sekuritas, PT Danareksa Sekuritas, PT Indo Premier Securities, dan PT CIMB Securities Indonesia.

“Mengenai nilai emisi belum dipastikan besarannya, begitu juga timeframe-nya. Kami sekarang masih mengurus izin praefektif ke OJK [Otoritas Jasa Keuangan],” ujarnya saat ditemui Bisnis di kantornya, Senin (28/4/2014).

Meskipun demikian, berdasarkan informasi yang dihimpun Bisnis, perseroan akan segera merealisasikan aksi korporasi itu pada awal Mei ini.

Bila jadi terlaksana kuartal II/2014, menurut Emma, penerbitan obligasi itu menjadi aksi korporasi pertama perusahaan pembiayaan infrastruktur pelat merah itu.

“Pada tahun lalu, kami hanya menarik pinjaman berdenominasi dolar AS. Dengan obligasi ini, kami berharap nama SMI semakin dikenal oleh bondholders, baik lokal maupun global,” tuturnya.

Dengan begitu, SMI diharapkan semakin dipercaya bila akan menerbitkan aksi korporasi serupa pada tahun-tahun mendatang.

“Dipastikan, kami bukan akan merilis satu kali ini saja. Ke depan, selain dari PMN [penyertaan modal negara], SMI akan fund raising dari obligasi untuk memperkuat leverage,” tegasnya.

Dia berharap emisi obligasi perseroan bisa menarik minat investor untuk berinvestasi di sektor infrastruktur.

SMI akan menggunakan dana yang dihimpun dari emisi obligasi itu untuk membiayai proyek infrastruktur, terutama sektor transportasi dan ketenagalistrikan. “Dua sektor itu memiliki kebutuhan yang sangat tinggi,” katanya.

Terkait rencana penerbitan surat utang tersebut, perseroan telah mendapatkan peringkat AA+. Selain itu, perseroan telah mendapatkan peringkat global BBB- dari Fitch Ratings.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Obligasi sarana multi infrastruktur
Editor : Nurbaiti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top