Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tata Kelola Perusahaan Publik Meningkat Pesat

Tata kelola perusahaan publik di Tanah Air cenderung meningkat yang ditandai kenaikan Asean CG (corporate governance) Scorecard pada 2012 menuju 2013.

Bisnis.com, JAKARTA – Tata kelola perusahaan publik di Tanah Air cenderung meningkat yang ditandai kenaikan Asean CG (corporate governance) Scorecard pada 2012 menuju 2013.

Asean CG Scorecard  bertujuan mengukur dan meningkatkan efektivitas dari implementasi prinsip-prinsip tata kelola perusahaan dan diluncurkan sejak 2011.

James Simanjuntak, fasilitator Indonesian Institue for Corporate Directorship, mengatakan perkembangan tata kelola perusahaan publik di Tanah Air berada di urutan kedua yakni 26,01% setelah Singapura 28,76%.

“Ini memberikan indikasi bagus yang sejalan dengan roadmap yang digagas OJK [Otoritas Jasa Keuangan],” katanya, Selasa (4/2/2014).

Indonesia bersama lima negara lainnya yakni Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam sepakat untuk mengadopsi kriteria dari prinsip tata kelola perusahaan yang diterbitkan OECD sebagai acuan penilaian untuk Asean CG Scorecard.

Namun, lanjutnya, masih terdapat beberapa aspek yang memerlukan perbaikan, terutama terkait dengan informasi agenda dan hasil RUPS, informasi pada situs website emiten, dan proses nominasi direksi dan dewan komisaris.

“Masih banyak yang harus dibenahi, komitmen pimpinan perusahaan dibutuhkan, termasuk dukungan dari regulator dan asosiasi,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maftuh Ihsan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper