Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Rapat Fed, Rupiah Diyakini Tetap Stabil

Meski ditutup melemah pekan lalu, ekonom menilai pergerakan nilai tukar rupiah mulai stabil dan berada pada posisi yang lebih kuat, termasuk dalam menghadapi pertemuan Fed Open Market Committee (FOMC) pekan ini
 Rupiah/Bisnis
Rupiah/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA— Meski ditutup melemah pekan lalu, ekonom menilai pergerakan nilai tukar rupiah mulai stabil dan berada pada posisi yang lebih kuat, termasuk dalam menghadapi pertemuan Fed Open Market Committee (FOMC) pekan ini.

Peneliti dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia (LPEM UI) I Kadek Dian Sutrisna mengatakan target Bank Indonesia selama ini adalah kestabilan nilai rupiah.

“Sebenarnya BI targetnya stabilitas jadi memang dijaga sekali oleh BI. Itu yang penting. Saya rasa sudah jauh lebih kuat tidak seperti yang kemarin dan kita learning dari isu yang kemarin (tapering),” katanya saat dihubungi Bisnis akhir pekan lalu.

Dia menambahkan tak bisa ditampik bahwa isu eksternal, terutama soal pemangkasan stimulus moneter lanjutan oleh Federal Reserve (the Fed), masih punya ekses negatif bagi rupiah.

Namun, lanjutnya, dengan perbaikan dari sisi fundamental perekonomian seperti cadangan devisa dan neraca perdagangan beberapa waktu belakangan, rupiah akan sangat tertolong oleh kemajuan itu.

Sepanjang minggu rupiah ditutup pada kisaran Rp12.113—Rp12.181. Adapun nilai tengah BI dipatok pada rentang Rp12.110—Rp12.177 per dolar AS.

Selengkapnya baca:http://epaper.bisnis.com/index.php/ePreview?IdCateg=201401273921#

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Bisnis Indonesia (27/1/2014)
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper