Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Telkom (TLKM) - Telstra Buat Perusahaan Aplikasi Jaringan & Layanan

PT.Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mendirikan perusahaan patungaan (joint venture) dengan Telstra, perusahaan telekomunikasi yang tercatat di bursa Australia.

Bisnis.com, JAKARTA - PT.Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mendirikan perusahaan patungaan (joint venture) dengan Telstra, perusahaan telekomunikasi yang tercatat di bursa Australia.

Seperti dikutip media online Australia Business Spectator, perusahaan patungan itu akan fokus pada aplikasi jaringan dan layanan (network applications and services/NAS) dengan sasaran pasar berupa perusahaan di Asia Tenggara.

Berdasarkan ketentuan yang tidak mengikat dalam nota kesepahaman, perusahaan patungan tersebut nantinya menjadi penyedia eksklusif layanan NAS di Indonesia untuk Telstra dan Telkom.

Bisnis baru itu akan difokuskan untuk meningkatkan posisi Telkom di Indonesia dalam menyasar pasar layanan perusahaan lokal. Bagi Telstra, perusahaan patungan itu menjadi jembatannya untuk meraih pasar besar enterprise di Asia.

Adapun, cukup dengan menggandeng Telkom, langkah Telstra untuk meraup pasar besar jadi lebih ringkas. Perlu diingat, Indonesia merupakan negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Namun, Telkom masih malu-malu menjelaskan perusahaan patungan ini.

“Ini tahapnya masih penjajakan, belum sampai buat MoU [memorandum of understanding]. Boleh dong kalau kami melihat bisnis itu [NAS],” ujar Rizkan Chandra, Direktur Telkom Indonesia, saat dikonfirmasi Bisnis, Kamis (23/1).

Menurutnya, adalah wajar jika Telkom melirik bisnis lain di luar telekomunikasi, seperti bisnis over-the-top (OTT). NAS merupakan salah satu bagian dari OTT atau metode penyampaian layanan video dan audio secara streaming menggunakan media Internet.

Arif Prabowo, Vice President Public Relations Telkom, memilih bungkam saat ditanya soal kabar Telkom mendirikan perusahaan patungan dengan Telstra. “Kami belum bisa mempublikasikan informasi tersebut saat ini,” tulisnya dalam pesan singkat.

Namun, pihak Telstra sudah mengumumkan pendirian perusahaan patungan tersebut. Brendon Riley, Group Executive, Global Enterprise and Services Telstra, mengatakan kemitraan dengan pemain lokal yang sudah diakui dan dihormati, yakni Telkom, merupakan hal penting bagi Telstra.  

Selengkapnya klik: http://epaper.bisnis.com/index.php/ePreview?IdCateg=201401243313

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Bisnis Indonesia (24/1/2014)

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper