Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CIMB Group Terbitkan Saham Baru Diskon 2%

CIMB Group mengumumkan rencana penerbitan 500 juta lembar saham baru dengan harga RM7,10 per saham atau 2% di bawah harga rata-rata saham yang diperdagangkan Jumat (10/1/2014) senilai RM7,26.

Bisnis.com, JAKARTA - CIMB Group mengumumkan rencana penerbitan 500 juta lembar saham baru dengan harga RM7,10 per saham atau 2% di bawah harga rata-rata saham yang diperdagangkan Jumat (10/1/2014) senilai RM7,26.

Penerbitan saham baru setara dengan 6,08% modal saham perusahaan itu direncanakan untuk memperkuat posisi modal CIMB Group dengan penempatan langsung melalui proses penawaran terbatas (accelerated book-build private placement).

Dato' Sri Nazir Razak, Group Chief Executive CIMB Group, mengatakan perolehan seluruhnya dari penerbitan saham baru tersebut akan mencapai RM3,55 miliar.

"Kami sangat senang bahwa dalam waktu singkat berhasil menghimpun dana dari 'common equity tier 1' (CET1) dalam jumlah besar guna memperbesar modal," ungkapnya dalam keterangan pers, Selasa (14/1/2014).

Dia menjelaskan kendati pihaknya terus berupaya agar kegiatan operasional perusahaan berjalan dengan modal optimal, turun drastisnya nilai Rupiah sepanjang 2013 membuat terkendalanya rencana akumulasi modal perseroan. 

"Kami langsung mengambil langkah untuk mereposisi modal demi menjaga laju pertumbuhan usaha," paparnya.

Dengan emisi baru ini, CET1 CIMB Group per 30 September 2013 naik dari 8,2% menjadi sekitar 9,7%.

Penempatan ekuiti baru perusahaan dilakukan kepada investor dalam dan luar negeri di perdagangan hari Senin, dan sepanjang hari kerja itu perdagangan saham perusahaan di Bursa Malaysia ditangguhkan (suspended). 

Jumlah pesanan yang masuk melebihi penawaran, sehingga CIMB menaikkan volume saham sebanyak 25% dari 400 juta menjadi 500 juta saham.

Dia mengaku puas melihat banyaknya investor lokal dan mancanegara yang mendukung langkah emisi CIMB. Sehingga, penjualan hanya sedikit di bawah harga pasar terkini. 

Menurutnya, hal itu membuktikan bahwa kalangan investor yakin dengan kinerja perusahaan maupun strategi pertumbuhan yang dijalankannya. 

"Dengan modal yang baru, kami sanggup menghadapi gejolak yang muncul di pasar keuangan, dan dapat terus mengembangkan usaha ke depan dengan laju yang telah kami tetapkan," katanya.

Saham CIMB akan kembali diperdagangkan di Bursa Malaysia pada Rabu, 15 Januari 2014, sedangkan penerbitan saham baru dijadwalkan berlangsung 22 Januari 2014, dan dicatatkan di Bursa Malaysia pada 23 Januari 2014.

Bertindak sebagai konsultan adalah CIMB Investment Bank, sementara CIMB Investment Bank, Bank of America Merrill Lynch dan Credit Suisse bersama-sama ditunjuk menjadi penjamin emisi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper