Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lot Size dan Fraksi Harga Saham Berubah, Transaksi Bakal Sepi?

Perubahan satuan perdagangan (lot size) dan fraksi harga saham yang akan dilakukan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin (6/1/2014) dinilai bakal menyurutkan volume perdagangan dalam jangka pendek karena para pelaku pasar bakal menyesuaikan diri.

Bisnis.com, JAKARTA—Perubahan satuan perdagangan (lot size) dan fraksi harga saham yang akan dilakukan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin (6/1/2014) dinilai bakal menyurutkan volume perdagangan dalam jangka pendek karena para pelaku pasar bakal menyesuaikan diri.

David Sutyanto, Kepala Riset PT First Asia Capital mengatakan hal itu lazim karena para pelaku pasar khususnya pedagang harian (daily trader) harus mengkalkulasi dahulu langkah dagang mereka agar tetap mendapat untung.

“Mungkin bakal memakan waktu sekitar seminggu, selama itu perdagangan tampaknya bakal tidak ramai. Hal itu karena daily trader yang biasanya meramaikan perdagangan harian akan menahan diri dahulu,” ujarnya kepada Bisnis, Sabtu (4/1/2013).

Mulai besok, BEI akan memberlakukan 1 lot setara 100 lembar saham dari sebelumnya 1 lot sama dengan 500 lembar saham. Perubahan tersebut termasuk perubahan fraksi dan kelompok harga yang disederhanakan dari 5 kelompok menjadi 3 kelompok.

Adapun 3 kelompok fraksi harga saham tersebut adalah kelompok pertama dengan harga di bawah Rp500 memiliki perubahan harga (tick price) per Rp1 dengan pergerakan maksimal Rp20.

Sementara kelompok kedua ditetapkan dengan harga antara Rp500-Rp5000 memiliki perubahan harga per Rp5 dengan pergerakan maksimal Rp100. Adapun kelompok ketiga dengan harga di atas Rp5000 memiliki tick price Rp25 dengan pergerakan maksimal Rp500.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Giras Pasopati
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper