Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semen Indonesia (SMGR) Kuasai 51,8% Pasar Bali

Penjualan Semen Indonesia, yang terdiri dari produk Semen Gresik dan Semen Tonasa, di aera Bali selama Januari-Oktober 2013 mencapai 759.000 ton dengan penguasaan pangsa pasar mencapi 51,8%.
/Bisni
/Bisni

Bisnis.com, DENPASAR--Penjualan Semen Indonesia, yang terdiri dari produk Semen Gresik dan Semen Tonasa, di aera Bali selama Januari-Oktober 2013 mencapai 759.000 ton dengan penguasaan pangsa pasar mencapi 51,8%.

Kepala Departemen Pengembangan Pemasaran PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) Rudi Hartono mengatakan pembangunan properti di Bali yang cukup tinggi sangat signifikan mendorong pertumbuhan penjualan Semen Indonesia yang berkisar 10%-15% setiap tahun. 

“Perseroan ingin mempertahankan pangsa pasar dengan terus menjalankan strategi pengembangan pasar, apalagi persaingan yang semakin ketat saat ini,” katanya, Minggu (8/12/2013).

Menurut Rudi, sumbangan terbesar penjualan di Bali berasal dari Semen Gresik yang pada rentang Januari-Oktober 2013 mencapai 452.000 ton dengan penguasaan pasar 30,9%. Selain pengembangan pasar, perusahaan juga meningkatkan pelayanan dengan ketersediaan barang, sehingga memberikan kepuasan kepada konsumen. 

Kami selalu mendekatkan diri dengan konsumen karena hal itu dapat meningkatkan loyalitas dan kepercayaan konsumen,” kata Rudi.

Terkait dengan upaya tersebut, Semen Gresik menggelar acara fun bike berhadiah mobil yang diikuti sekitar 7.000 peserta Minggu (8/12/2013). Kegiatan serupa juga digelar secara simultan di 50 kota di seluruh Indonesia. 

Untuk menumbuhkan kepercayaan dan hubungan baik kepada masyarakat, Semen Gresik selalu menempatkan konsumen  sebagai partner. “Kami akan selalu ada, dekat, dan terus menjaga hubungan baik. Siap melayani keinginan konsumen dan membantu apapun permasalahan yang mereka hadapi,” tuturnya. 

Rudi menjelaskan penjualan secara nasional Semen Indonesia secara grup (Semen Padang, Semen Gresik dan Semen Tonasa) Januari-Oktober 2013 mencapai 20,667 juta ton, naik 14% dari tahun lalu. Market share pun naik dari 40,9% tahun lalu menjadi 43,8%.  

Dia mengatakan peningkatakan penjualan tak lepas dari pengoperasian Pabrik Tuban IV dan Tonasa V. Kedua pabrik tersebut meningkatkan kapasitas produksi secara signifikan sehinggaprodusen semen ini semakin mampu memenuhi konsumsi dalam negeri. 

Kini total produksi Semen Indonesia secara nasional mencapai 30 juta ton, dengan sumbangan Semen Gresik sebsar 13 ton. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper