Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Multipolar Rilis Bond US$200 Juta

Bisnis.com, JAKARTA--Di tengah turbulensi pasar obligasi, salah satu kapal induk Grup Lippo PT Multipolar Tbk (MLPL) nekat mengambil risiko menerbitkan obligasi global US$200 juta.
Lavinda
Lavinda - Bisnis.com 15 Juli 2013  |  07:55 WIB
Multipolar Rilis Bond US$200 Juta
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Di tengah turbulensi pasar obligasi, salah satu kapal induk Grup Lippo PT Multipolar Tbk (MLPL) nekat mengambil risiko menerbitkan obligasi global US$200 juta.

Hal itu diketahui dengan munculnya peringkat utang dari dua lembaga pemeringkat internasional, yakni Standard and Poor’s Ratings (S&P) dan Fitch Ratings da­­lam waktu hampir bersamaan. Ke­­dua­nya membubuhkan rating yang sama di level B+ untuk obligasi tersebut.

S&P bahkan menginformasikan peringkat B+ diberikan terhadap proposal penerbitan surat utang tanpa jaminan senilai US$200 juta. “Pacific Emerald Pte Ltd, per­­usahaan yang sepenuhnya dimiliki Multipolar akan menerbitkan obligasi global,” ungkap S&P Ratings, seperti dilaporkan Harian Bisnis Indonesia, Senin (15/7/2013).

Analis S&P Xavier Jean menyampaikan pe­­ringkat yang diberikan menunjukkan rasio kecukupan kas dan keuntungan yang tipis secara konsolidasi. Hal itu juga mencerminkan ketergantungan Multipolar terhadap dividen anak perusahaannya guna memenuhi kewajiban utangnya.

Kendati demikian, sambungnya, Mul­­ti­po­lar yang antara lain mengendalikan sa­­ham PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) memiliki pangsa pasar yang baik di industri ritel di Indonesia, dengan margin yang sta­bil dan prospek pertumbuhan positif.

Dari lembaga pemeringkat lain, Fitch Ra­­tings juga memberikan peringkat B+ terhadap rencana penerbitan obligasi global. Multipolar. Fitch menyebutkan obligasi global itu akan diterbitkan oleh Pacific Emerald Pte Ltd dengan dijamin Multipolar dan anak perusahaan tertentu.

“Peringkat final bergantung diteri­ma­nya dokumen final yang sesuai dengan informasi sebelumnya,” ujar analis utama Fitch Ratings Shahim Zubair da­­­lam rilis yang diterima Bisnis, Jumat(12/7/2013).

Ketika dikonfirmasi, Direktur PT Ciptadana Securities John Herry Teja tidak membantah se­­kaligus membenarkan rencana penerbitan obligasi global tersebut. “Saya tidak ingin berkomentar, tidak enak juga kami kan berafiliasi,” ujarnya.

Ciptadana, yang biasa menjamin obligasi emiten Grup Lippo, adalah sekuritas se­­ka­­­ligus penjamin emisi obli­­­ga­­si global ter­­­sebut yang terafiliasi dengan Grup Lippo, in­­duk usaha Multi­­polar.

Adapun, penetapan peringkat dari Fitch mempertimbangkan sejumlah faktor, salah satunya terkait struktur subordinasi Multipolar sebagai perusahaan holding yang memiliki ketergantungan tinggi kepada dividen.

Meski demikian, peringkat juga mencerminkan posisi pasar yang kuat di sektor ritel Indonesia, yang didukung kondisi makro ekonomi yang baik. Struktur perusahaan holding Multipolar mengartikan adanya arus kas tersubordinasi secara struktur terhadap kewajiban anak usaha­nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

grup lippo multipolar bond mlpl

Sumber : Bisnis Indonesia

Editor : Nurbaiti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top