Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Browsing WIKIPEDIA Ternyata Bisa Jadi Petunjuk Main Saham

Wikipedia ternyata dapat dipergunakan untuk memberikan sinyal peringatan dini bagi pergerakan pasar saham, merujuk studi baru yang dipublikasikan Scientific Reports pada Rabu (8/5).
Arif Budisusilo
Arif Budisusilo - Bisnis.com 10 Mei 2013  |  05:34 WIB

Wikipedia ternyata dapat dipergunakan untuk memberikan sinyal peringatan dini bagi pergerakan pasar saham, merujuk studi baru yang dipublikasikan Scientific Reports pada Rabu (8/5).

Kelompok peneliti yang dipimpin Dr Suzy Moat, Senior Research Fellow pada Warwick Business School, Inggris, menemukan bahwa perubahan tentang seberapa sering halaman yang terkait dengan  finansial dilihat di Wikipedia dapat terkait dengan pergerakan Dow Jones Industrial Average.

Mereka melakukan analisis historis yang mendeteksi kenaikan dalam views (halaman yang dilihat) di Wikipedia terkait dengan informasi finansial sebelum pasar saham jatuh.

Menurut Dr Moat: “Hasil ini membuktikan bahwa data online memungkinkan kita untuk mendapatkan pemahaman baru tentang pembuatan keputusan dini, menyediakan insight terhadap bagaimana orang mengumpulkan informasi sebelum memutuskan mengambil tindakan di dunia nyata."

Wikipedia adalah ensiklopedia online populer yang dapat dilihat dan diedit oleh pengguna internet. Wikipedia tidak hanya menyediakan konten gratis, tetapi juga data tentang seberapa sering orang meihat dan mengedit halaman tersebut.

Suzy Moat dan Tobias Preis, keduanya dari Warwick Business School, serta Chester Curme, Adam Avakian, Dror Y. Kenett dan H. Eugene Stanley, dari Boston University, AS, mengamati seberapa sering 30 halaman yang mendeskripsikan perusahaan yang tercatat di Dow Jones Industrial Average, seperti Procter & Gamble, Bank of America, dan The Walt Disney Company, dilihat dalam periode antara Desember 2007 dan April 2012.

Mereka menemukan bahwa strategi perdagangan sederhana berdasarkan perubahan dalam frekuensi halaman itu dilihat telah mendorong kenaikan profit signifikan sebesar 141%. (Grafik 1)

Begitu pula strategi berdasarkan 285 halaman yang dilihat terkait dengan topik finansial umum seperti makroekonomi, modal dan kekayaan, juga menghasilkan profit hingga 297%.

Sebaliknya, strategi "beli" dan "hold" selama periode riset hanya menghasilkan profit 3%. (Lihat Grafik 2)

Preis, Moat dan Stanley sebelumnya juga menemukan hubungan antara pencarian di Google dan pergerakan pasar saham.

Klik di sini untuk melihat research paper Quantifying Wikipedia Usage Patterns Before Stock Market Moves yang dipublikasikan Scientific Reports.

Klik di sini untuk mengunduh grafik strategi perdagangan 30 perusahaan Dow Jones di Wikipedia.

Klik di sini untuk mengunduh grafik strategi perdagangan dari 285 istilah finansial di Wikipedia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

saham wikipedia riset saham

Sumber : Scientific Reports Press Release

Editor : Others
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top