Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CALON EMITEN: Kobexindo revisi besaran saham IPO

JAKARTA--PT Kobexindo Tractors merevisi besaran penawaran saham perdana (initial public offering/ IPO) dari 30% menjadi 12% atau setara dengan 272,5 juta lembar saham.Presiden Direktur Kobexindo Humas Soputro mengatakan revisi besaran saham tersebut

JAKARTA--PT Kobexindo Tractors merevisi besaran penawaran saham perdana (initial public offering/ IPO) dari 30% menjadi 12% atau setara dengan 272,5 juta lembar saham.Presiden Direktur Kobexindo Humas Soputro mengatakan revisi besaran saham tersebut sesuai dengan kondisi pasar global saat ini yang belum kondusif. Meski demikian, perseroan tetap optimistis dapat mencapai pertumbuhan laba bersih sebesar 50% tahun ini atau setara dengan Rp123 miliar.Dia mengatakan dengan adanya revisi besaran saham IPO akan memangkas target perolehan dana perseroan. Rencana awal  perseroan akan melepas saham sebesar 30%  dengan perolehan dana mencapai Rp500 miliar maka dengan adanya revisi, target perolehan dana  hanya sebesar Rp109 miliar. Adapun harga saham IPO dipatok sebesar Rp 400 per lembar saham. "Alokasi dana IPO kami fokuskan untuk modal kerja 70% dan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar 30%. Untuk pembayaran utang masih kami tunda," ujarnya, Rabu (27/6).Humas menuturkan besaran capex senilai 30% dari hasil IPO atau senilai Rp30 miliar itu menyusut dari rencana awal yang dipatok Rp120 miliar. Pengurangan capex tersebut, lanjutnya, sejalan dengan target revenue perseroan."Jika sebelumnya revenue ditargetkan Rp2 triliun hingga akhir tahun, mungkin terkoreksi menjadi Rp1,6 triliun. Hingga Maret revenue perseroan tercatat Rp445 miliar," jelasnya.Humas mengaku masih membuka kemungkinan untuk kembali melepas saham ke publik hingga mencapai 30% apabila pasar global telah membaik. Rencananya, perseroan akan melakukan IPO pada Kamis (28/6).“Kami masih menunggu  izin efektif dari Bappepam-LK. Jika belum, jadwal IPO akan disesuaikan saja," kata Humas.Perseroan menunjuk Mandiri Sekuritas, Lautandhana, dan Valbury Asia Securities sebagai penjamin emisi. Hingga akhir tahun, perseroan menargetkan penjualan 1100 unit alat berat. Adapun selama kuartal I tahun ini, perseroan telah menjual  302 unit.Sejalan dengan itu, Humas mengaku optimis dapat memberikan laba per saham sebesar Rp54,2 kepada para investor.Seperti diketahui, pada 2011 Kobexindo mencatatkan laba bersih sebesar Rp79,9 miliar. Adapun perolehan pendapatan bersih perseroan tahun lalu tercatat mencapai Rp1,3 triliun atau naik dibandingkan perolehan pada 2010 sebesar Rp741,7 miliar.(faa) 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper