Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ANGKUTAN LEBARAN: Air Asia Indonesia (CMPP) Optimistis Target Penumpang Tercapai

Emiten maskapai PT Air Asia Indonesia Tbk. optimistis target raihan penumpang sebanyak 100.000 kursi sepanjang musim mudik pada tahun ini dapat tercapai. Pada libur Lebaran tahun ini, Air Asia Indonesia menyiapkan 14.040 kursi tambahan untuk menangkap lonjakan penumpang.
Air Asia/Reuters-Charles Platiau
Air Asia/Reuters-Charles Platiau

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten maskapai PT Air Asia Indonesia Tbk. optimistis target raihan penumpang sebanyak 100.000 kursi sepanjang musim mudik pada tahun ini dapat tercapai. Pada libur Lebaran tahun ini, Air Asia Indonesia menyiapkan 14.040 kursi tambahan untuk menangkap lonjakan penumpang.

Direktur Utama Air Asia Indonesia Dendy Kurniawan mengungkapkan hingga H+6 Idulfitri 2018, emiten dengan sandi CMPP tersebut telah membukukan penjualan kursi untuk 60.000 penumpang. Hingga selesai arus balik, dia optimistis target 100.000 pengunjung dapat tercapai.

“Lebih dari 60.000 penumpang sudah memanfaatkan liburan ini untuk terbang ke luar negeri dengan jaringan rute internasional kami yang terluas di Asia Tenggara. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat sampai akhir periode libur Lebaran yaitu 24 Juni 2018,” ungkap Dendy saat dikonfirmasi Bisnis.com, Jumat (24/6).

Dendy mengungkapkan target penumpang sebanyak 100.000 tersebut merupakan level yang sama dari capaian perseroan selama periode Lebaran tahun lalu. Sejauh ini, perseroan menilai penjualan kursi telah sesuai dengan ekspektasi.

Dengan tambahan 100.000 penumpang tersebut, Dendy menyampaikan pada musim liburan tahun ini perseroan membidik kenaikan pendapatan sebesar 5% dibandingkan hasil penjualan pada bulan-bulan lain yang low season.

Adapun, penambahan total 14.040 kursi pada liburan 218 tersebut ditempuh Air Asia pada empat rute dalam dan luar negeri.

Beberapa rute yang mendapatkan penambahan kursi dari Air Asia yaitu Jakarta—Surabaya dengan penambahan kursi total 4.680 unit pada tanggal 8—14 Juni dan 19—24 Juni. Kedua, Surabaya—Denpasar pada 7 hari pertama Lebaran, sebanyak 3.240 kursi.

Ketiga, rute Surabaya—Johor Baru akan ada penambahan 1.440 kursi untuk menangkap kenaikan penumpang dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI), dan Jakarta—Yogyakarta juga akan ada penambahan 4.680 kursi.

Air Asia berencana menganggarkan belanja modal US$10 juta—US$15 juta pada tahun ini, dengan target pembelian pesawat sebanyak 3 unit. Saat ini, Air Asia Indonesia memiliki 15 armada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dara Aziliya
Editor : Ana Noviani

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper