Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RIGHT ISSUE BUMN, Pemerintah Siapkan Rp12 Triliun untuk Tiga Perusahaan

Pemerintah menyiapkan dana sebesar Rp12 triliun untuk menyerap rencana penerbitan saham baru tiga perusahaan pelat merah, yakni PT Aneka Tambang (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk. pada 2015.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah menyiapkan dana sebesar Rp12 triliun untuk menyerap rencana penerbitan saham baru tiga perusahaan pelat merah, yakni PT Aneka Tambang (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk. pada 2015.

Imam Apriyanto Putro, Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), mengatakan rencana penerbitan saham baru (right issue) tersebut telah diajukan kepada komite privatisasi dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

"Yang jelas kementerian BUMN dan negara serta DPR tetap berkomitmen pegang mayoritas, minimum 51%," ungkapnya, Senin (22/12/2014).

Dana untuk penyerapan right issue tersebut dialokasikan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015. Ditargetkan pada Januari mendatang, rencana right issue tersebut dapat diajukan kepada legislator.

Pemerintah nantinya akan menyerap hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) dari penerbitan right issue ketiga BUMN tersebut. Pemerintah tidak ingin kepemilikan saham mayoritas di ketiga BUMN itu akan terdilusi.

Kepemilikan saham pemerintah di ketiga BUMN itu tercatat masih di atas 51%. Rencana right issue itu dimaksudkan agar ketiga BUMN tersebut dapat mendukung program pemerintah dalam sektor infrastruktur dan pembangunan pabrik pemurnian konsentrat atau smelter.

Dia menjelaskan, right issue bagi ketiga BUMN berkode saham masing-masing ANTM, WSKT, dan ADHI tersebut dapat membuat perseroan dapat meningkatkan kemampuan pendanaan. Emiten pelat merah itu dapat membiayai ekspansi dengan dana segar yang diperoleh dari right issue.

Menurutnya, bagi investor publik, diperkirkaan dapat menyerap saham baru yang diterbitkan perseroan maksimum 2/3 dari total right issue. Sedangkan pemerintah akan menyerap sekitar 1/3 dari total dana right issue.

Penghitungan prosentase right issue masih dilakukan oleh perusahaan sekuritas pelat merah, yakni PT Mandiri Sekuritas, PT Danareksa Sekuritas, dan PT Bahana Securities. Namun, pemerintah belum menunjuk ketiganya sebagai penjamin pelaksana emisi right issue.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper