Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sawit Sumbermas Akuisisi Dua Perusahaan Senilai Rp1,54 Triliun

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. merogoh kocek Rp1,54 triliun senilai US$129,05 juta untuk mengakuisisi dua perusahaan sawit di Kalimantan.
Ilustrasi/ssms.co.id
Ilustrasi/ssms.co.id

Bisnis.com, JAKARTA--PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. mergogoh kocek Rp1,54 triliun senilai US$129,05 juta untuk mengakuisisi dua perusahaan sawit di Kalimantan melalui entitas anak usaha PT Kalimantan Sawit Abadi.

Hadi Susilo, Sekretaris Perusahaan Sawit Sumbermas Sarana, mengumumkan transaksi tersebut dalam prospektus singkat yang dipublikasikan Rabu (19/11/2014).

Disebutkan bahwa PT Kalimantan Sawit Abadi mengakuisisi 100% saham PT Tanjung Sawit Abadi dan PT Sawit Multi Utama dari PT Citra Borneo Indah.

Citra Borneo Indah merupakan pemegang saham pengendali SSMS, sehingga akuisisi tersebut merupakan transaksi afiliasi.

Keduanya telah menandatangani perjanjian bersyarat (conditional share purchase agreement/CSPA) pada 18 November 2014.

SSMS nantinya akan memberikan pinjaman kepada KSA sebesar Rp480 miliar untuk mendanai akuisisi tersebut. Sisanya, akan diperoleh dari pinjaman perbankan.

"Potensi peningkatan skala ekonomis yang direncanakan oleh perseroan dapat mungkin dilaksanakan dengan menempuh cara pertumbuhan anorganik yaitu dengan akuisisi perusahaan sejenis," tulisnya.

Saat ini, luas lahan SSMS dan entitas anak mencapai 78.071 Ha. Proses akuisisi tersebut membuat total luas area tertanam SSMS bertambah menjadi 110.518 Ha.

Tercatat, hingga kuartal III/2014, SSMS membukukan laba bersih Rp477,6 miliar, melonjak 39,8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp341,4 miliar. Penjualan bersih tercatat mencapai Rp1,5 triliun, naik 25% dari sebelumnya RP1,2 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper