Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Widiyanti Putri Ditunjuk jadi Menteri Pariwisata Prabowo, Saham TLDN Terkoreksi

Saham TLDN terkoreksi setelah Widiyanti Putri Wardhana mundur dari jabatannya sebagai komisaris karena ditunjuk oleh Prabowo menjadi Menteri Pariwisata.
Ana Noviani,Annisa Kurniasari Saumi
Senin, 21 Oktober 2024 | 10:14
Saham TLDN terkoreksi setelah Widiyanti Putri Wardhana mundur dari jabatannya sebagai komisaris karena ditunjuk oleh Prabowo menjadi Menteri Pariwisata. Dok Instagram @widi.wardhana
Saham TLDN terkoreksi setelah Widiyanti Putri Wardhana mundur dari jabatannya sebagai komisaris karena ditunjuk oleh Prabowo menjadi Menteri Pariwisata. Dok Instagram @widi.wardhana

Bisnis.com, JAKARTA — Saham emiten sawit, PT Teladan Prima Agro Tbk. (TLDN) terkoreksi pada hari ini, Senin (21/10/2024) seiring mundurnya Widiyanti Putri Wardhana dari jabatan komisaris TLDN usuai ditunjuk oleh Presiden Prabowo Subianto menjadi Menteri Pariwisata. 

Berdasarkan data RTI pukul 09.41 WIB, saham TLDN melemah 25 poin atau 4,39% ke level Rp545 pada awal perdagangan. Sepanjang hari ini, saham TLDN bermanuver di rentang harga Rp540—Rp630 per saham. 

Sepanjang tahun berjalan 2024, TLDN menguat 21,11%. TLDN tercatat melantai di Bursa Efek Indonesia sejak 12 April 2022 dengan harga IPO Rp580 per saham dan menggalang dana Rp300,36 miliar. 

Sejak melantai di BEI, TLDN sempat menyentuh level harga all time high (ATH) tercapai pada 20 Mei 2022 di level Rp725 per saham. Saat ini, TLDN memiliki kapitalisasi pasar Rp7,06 triliun. 

Seperti diketahui, sosok Widiyanti Putri Wardhana terlihat datang ke Istana Negara dan ditunjuk oleh Prabowo untuk mengisi posisi Menteri Pariwisata pada minggu (20/10/2024) malam. Adapun, pelantikan resmi kabinet Prabowo-Gibran akan dilaksanakan hari ini, Senin (21/10/2024).

Usai ditunjuk menjadi Menteri Pariwisata Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran, Widiyanti Putri mengajukan pengunduran diri dari kursi Komisaris PT Teladan Prima Agro Tbk. (TLDN)

Arya Wibisana, Sekretaris Perusahaan Teladan Prima Agro, menyampaikan surat pengunduran diri Widiyanti Putri telah diterima perseroan pada 21 Oktober 2024.  

“Selanjutnya, Perseroan akan mengikuti dan menjalankan ketentuan-ketentuan yang diatur sesual dengan anggaran dasar perseroan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk untuk meminta persetujuan dari pemegang saham atas pengunduran diri tersebut,” paparnya dalam keterbukaan informasi, Senin (21/10/2024). 

Lebih lanjut, perubahan susunan direksI dan dewan komisaris TLDN akan dilaksanakan melalui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) emiten sawit tersebut. 

Untuk diketahui, sebelumnya Widiyanti menjabat Komisaris TLDN sejak 23 November 2021 sampai dengan masa jabatan 2024. Perempuan berusia 53 tahun ini diketahui pernah menjabat juga sebagai Direktur TLDN pada 2012-2021.

Selain di TLDN, Widiyanti juga menjabat sebagai komisaris di beberapa entitas anak TLDN sejak 2013, dan menempati sejumlah posisi strategis lainnya yakni Direktur PT Teladan Resources, PT Teladan Properties, dan PT Teladan Pusaka.

Widiyanti tercatat meraih gelar Bachelor of Science di bidang Administrasi Bisnis pada Pepperdine University, Malibu, California, Amerika Serikat pada 1993.

Widiyanti tercatat tidak memiliki saham secara langsung pada TLDN, tetapi memiliki saham secara tidak langsung di perseroan sebesar 8,14% melalui PT Teladan Resources.

Selain membangun karier di dunia bisnis, Widiyanti merupakan sosok yang aktif di bidang sosial dan menduduki jabatan penting di berbagai organisasi nirlaba.

Widiyanti juga tercatat menjadi salah satu pengurus Yayasan Jantung Indonesia (YJI) dan dilantik sebagai Sekretaris Jenderal YJI sejak 2018. Widiyanti juga menduduki posisi sebagai Ketua Yayasan Teladan Utama dan Dewan Pengawas Yayasan Kawula Madani.

Widiyanti diketahui merupakan anak dari konglomerat Basuki Tjokronegoro, pendiri Teladan Group. Widiyanti menikah dengan Wishnu Wardhana, yang juga merupakan Direktur Utama TLDN.

Wishnu diketahui pernah bergabung dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran. Presiden terpilih Prabowo Subianto juga pernah menyebut nama Wishnu Wardhana akan menjadi salah satu orang yang akan membantunya jika terpilih menjadi Presiden.

_______

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper