Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Tancap Gas, Simak Rekomendasi Saham BMRI hingga BUMI!

IHSG mencatatkan penguatan pada perdagangan pagi ini, Senin (19/8/2024) dengan saham yang patut diperhatikan seperti BMRI dan BUMI.
Karyawan beraktivitas di PT Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (18/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan beraktivitas di PT Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (18/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks harga saham gabungan (IHSG) mencatatkan penguatan pada perdagangan pagi ini, Senin (19/8/2024). Sejumlah deretan saham patut diperhatikan seperti BMRI dan BUMI.

Berdasarkan data RTI Business, IHSG tercatat dibuka melemah pada perdagangan hari ini di level 7.428,74, setelah penutupan akhir pekan lalu (14/8/2024) berada di level 7.432,09.

Namun, setelah dibuka melemah, IHSG langsung tancap gas pada perdagangan awal pekan ini. Tercatat, hingga pukul 09.17 WIB, IHSG menguat 0,15% atau 11,31 poin ke level 7.443,4.

Tim Riset Pilarmas Investindo Sekuritas memperkirakan IHSG berisiko melemah terbatas dengan support dan resistance di level 7.275 – 7.450 pada perdagangan hari ini.

Terdapat sejumlah sentimen yang memengaruhi laju IHSG hari ini. Dari luar negeri, pasar memantau data ketenagakerjaan di AS yang akan hadir pada 22 Agustus 2024 mendatang yang diproyeksikan masih akan berada di level yang sama seperti saat ini. Initial Jobless Claims diproyeksikan naik, namun Continuing Claims diproyeksikan turun.

Perhatian juga akan tertuju kepada FOMC Meeting Minutes yang akan dipublish di hari yang sama. Tentu hal tersebut akan menjadi sebuah gambaran, sejauh mana The Fed menilai inflasi dan ketenagakerjaan yang ada saat ini sudah lebih dari cukup untuk menurunkan tingkat suku bunga selanjutnya.

Dari dalam negeri, pertemuan Bank Indonesia (BI) atau Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada 21 Agustus 2024 akan menjadi tolok ukur penting, meskipun BI belum akan mengubah tingkat suku bunganya, karena rupiah sendiri sedang berada di tren penguatan akibat derasnya capital inflow yang masuk.

"Harapannya tentu saja pemangkasan tingkat suku bunga The Fed lebih awal yang akan memberikan pemangkasan yang lebih cepat bagi Bank Indonesia," tulis Tim Riset Pilarmas Investindo Sekuritas, Senin (19/8/2024).

Pilarmas Investindo Sekuritas merekomendasikan sejumlah saham pada perdagangan pagi ini, di antaranya PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk. (VKTR) yang ditarget mencapai level harga Rp149, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) ditarget mencapai Rp7.200 serta PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) ditarget mencapai level Rp92.

Sementara itu, Tim Riset Phintraco Sekuritas memperkirakan IHSG menguji strong resistance 7.450 di awal pekan ini. "Akan tetapi, waspadai potensi pullback mengingat kondisi Stochastic RSI yang telah memasuki overbought area," tulis Tim Riset Phintraco Sekuritas.

Terdapat deretan saham yang dapat diperhatikan serta direkomendasikan buy Tim Riset Phintraco Sekuritas yakni PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM), PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS), PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK), PT Media Nusantara Citra Tbk. (MNCN), PT Bumi Resources Minerals Tbk. (BRMS), dan PT Indika Energy Tbk. (INDY).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper