7 Tips Memilih Investasi Obligasi agar Untung Memuaskan

Ketika ingin berinvestasi, tidak sedikit orang bingung menentukan instrumen yang cocok untuk dipilih
Investor mencari informasi penjualan obligasi melalui salah satu platform mobile banking di Jakarta, Sabtu (25/11/2023). Bisnis/Arief Hermawan P
Investor mencari informasi penjualan obligasi melalui salah satu platform mobile banking di Jakarta, Sabtu (25/11/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika ingin berinvestasi, tidak sedikit orang bingung menentukan instrumen yang cocok untuk dipilih. Tergantung kebutuhan dan tujuan, instrumen investasi memang memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu disesuaikan dengan preferensi investor. Hal ini tentu saja juga berlaku jika Anda tertarik untuk investasi obligasi.

Ideal untuk tujuan investasi jangka menengah, obligasi sering kali dijadikan pilihan karena potensi keuntungan yang menjanjikan dari pemberian kupon bulanannya. Lantas, seperti apa tips memilih investasi obligasi yang mampu memberikan keuntungan memuaskan? Untuk mengetahui jawabannya, simak 7 tips memilih produk obligasi berikut ini.

1. Pahami Beragam Jenis Obligasi

Hal pertama yang wajib Anda pahami saat investasi obligasi adalah terkait ragam atau jenis produknya. Obligasi sendiri terdiri atas berbagai jenis, seperti obligasi korporat, obligasi ritel, sampai obligasi pemerintah.

Masing-masing jenis obligasi tersebut mempunyai karakteristik berbeda dan perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi. Karenanya, pahami dulu keuntungan dan potensi dari setiap jenis obligasi tersebut agar lebih mudah menentukan pilihan yang terbaik sesuai kebutuhan investasi Anda.

2. Cari Waktu yang Tepat

Setelah mengetahui jenisnya, tips investasi obligasi yang perlu diketahui adalah memahami kapan waktu yang tepat untuk mulai berinvestasi obligasi. Tergantung dari waktu yang dipilih, potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan akan menjadi lebih besar.

Umumnya, menentukan waktu terbaik investasi obligasi adalah berdasarkan suku bunganya. Kebanyakan investor cenderung membeli obligasi ketika suku bunga acuan dari Bank Indonesia tengah rendah.

3. Perhatikan Tingkat Bunga atau Kuponnya

Berkaitan dengan tips yang sebelumnya, Anda juga perlu memantau pergerakan suku bunga sebelum memulai investasi obligasi. Bisa juga disebut sebagai kupon, besaran bunga obligasi ini menentukan seberapa besar keuntungan yang mungkin didapatkan oleh investornya. Karenanya, sebelum membeli produk obligasi, cermati dulu nominal kupon yang dijanjikan dan sesuaikan dengan keinginan serta tujuan investasi.

4. Ketahui Kredibilitas Lembaga Penerbitnya

Penentu imbal hasil dari investasi obligasi lainnya adalah kredibilitas dari lembaga penerbit produk tersebut. Pastikan lembaga penerbit obligasi terpercaya dan legal, serta mempunyai rekam jejak yang baik terkait produk obligasi yang diterbitkannya.

Jika ingin memastikan keamanan investasi obligasi, Anda bisa membeli surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia karena pasti dijamin pembayarannya kembali. Tapi, jika dirasa produk tersebut kurang ideal untuk dipilih, tak ada salahnya untuk memilih jenis obligasi lain dengan memastikan kredibilitas lembaga penerbitnya terlebih dulu. Caranya bisa dengan memantau rating dari lembaga pemeringkat yang kredibel.

5. Susun Strategi yang Optimal

Sama halnya dengan instrumen investasi lain, Anda perlu mencanangkan strategi yang tepat agar bisa mendulang cuan optimal dari investasi obligasi. Menyusun strategi untuk investasi obligasi bisa dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal, seperti jangka waktu investasi, tujuan, sampai risiko yang barangkali akan terjadi di waktu mendatang.

6. Pantau Kondisi Pasar

Tips memilih produk obligasi yang tak kalah penting untuk diketahui adalah rajin memantau kondisi pasar. Tips yang satu ini berhubungan dengan cara menentukan strategi obligasi yang telah dijelaskan sebelumnya.

Sebagai instrumen investasi dimana nilainya dipengaruhi tingkat bunga acuan yang berlaku pada pasar, memantau kondisi pasar menjadi kunci penting agar tepat memilih waktu membeli obligasi. Pasalnya, jika bunga pasar menurun, harga obligasi cenderung naik, pun sebaliknya.

Dengan mengetahui kondisi pasar, investor lebih memahami tentang jenis obligasi mana yang terbaik untuk dipilih. Dengan begitu, pengambilan keputusan terkait investasi di produk ini bisa menjadi lebih tepat sesuai kebutuhan dan tujuan.

7. Tentukan Mitra Investasi yang Tepat

Terakhir, tips penting untuk mensukseskan investasi obligasi dan meraih keuntungan maksimal adalah menentukan mitra investasi yang tepat. Mitra investasi ini merujuk pada platform atau lembaga dimana Anda akan berinvestasi obligasi, termasuk dalam membeli produk dan mendapatkan imbal hasil dari bunganya.

Kini, ada banyak opsi mitra investasi obligasi terpercaya dan kredibel yang bisa Anda pilih. Yang terpenting, Anda harus lebih pintar dan cermat dalam memilih agar mendapatkan mitra dengan keunggulan yang sesuai dengan kebutuhan.

Di Indonesia sendiri, ada berbagai lembaga yang bisa dijadikan sebagai mitra investasi dengan kelebihan dan penawaran yang menarik. Utamanya, hanya pilih mitra dari lembaga yang kredibel dan legal, serta memiliki reputasi yang terjamin seperti, Cermati Invest. Barulah dengan begitu rencana dan tujuan investasi obligasi bisa diraih dengan maksimal sekaligus memberikan potensi keuntungan yang sesuai dengan ekspektasi.

Yakin Lancar Investasi Obligasi dengan Mengetahui Tips Optimal Menjalaninya

Obligasi bagi kebanyakan investor memang dianggap sebagai instrumen investasi favorit dengan beragam keunggulan dan daya tarik. Tapi, agar mampu mengoptimalkan hasil investasi di instrumen tersebut, ada beberapa tips yang penting untuk Anda aplikasikan sebelum mulai menanam modal. Nah, semoga 7 tips memilih investasi obligasi di atas bisa membantu Anda lebih maksimal meraih imbal hasil dari menanam modal di produk investasi tersebut, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper