Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Arti Bitcoin dan Cara Mendapatkannya

Bitcoin menjadi alternatif bagi mata uang tradisional dan memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran dan transfer.
Warga beraktivitas di dekat logo mata uang kripto di Depok, Jawa Barat, Rabu (4/1/2023). Bisnis/Arief Hermawan P
Warga beraktivitas di dekat logo mata uang kripto di Depok, Jawa Barat, Rabu (4/1/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Belakangan ini nama Bitcoin banyak ditemukan dan dijadikan bahan perbincangan bagi banyak orang. Terlebih lagi setelah adanya kabar peretasan server PDN yang melibatkan Ransomware jenis Lockbit 3.0.

Peretasan tersebut dilakukan untuk memeras pemilik akun untuk membayar tebusan dalam bentuk Bitcoin. Lantas, apa itu Bitcoin?

Dalam catatan bisnis, Bitcoin merupakan mata uang kripto pertama yang berhasil diperkenalkan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Awalnya Bitcoin diciptakan sebagai mata uang digital untuk transaksi secara peer-to-peer tanpa perantara.

Bitcoin menjadi alternatif bagi mata uang tradisional dan memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran, transfer, serta penyimpanan nilai tanpa adanya keterlibatan pihak ketiga.

Bitcoin menggunakan teknologi blockchain yang didistribusikan, yang mencatat transaksi dalam blok-blok yang terhubung secara kriptografis. Nilai Bitcoin memiliki variasi yang berbeda dan bersifat volatile. Harga Bitcoin dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pasar, adopsi, spekulasi, serta tindakan pemerintah dan regulator.

Inilah cara mendapatkan Bitcoin:

1. Siapkan dompet Bitcoin

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memiliki dompet atau aplikasi terkait Bitcoin. Dompet ini akan menjadi tempat untuk menyimpan Bitcoin yang dihasilkan. Anda harus mencari rekomendasi aplikasi dompet Bitcoin yang terpercaya dan memiliki akses secara legal.

2. Menjadi freelancer dengan tawaran gaji Bitcoin

Jika Anda seorang freelancer, memanfaatkan peluang tersebut untuk menawarkan jasa layanan online yang dapat membantu seseorang dalam menyelesaikan tugas maupun proyek. Ini dapat dijadikan sebagai peluang yang dimanfaatkan untuk menerima pembayaran gaji dalam bentuk Bitcoin.

Anda dapat merekomendasikan perusahaan atau pihak terkait untuk menggunakan metode pembayaran dalam bentuk uang digital maupun Paypal. Secara tidak langsung, Anda sudah memberikan rekomendasi kepada banyak pihak supaya tertarik dalam menggunakan metode pembayaran melalui uang digital. 

3. Manfaatkan media sosial

Platform media sosial merupakan salah satu alat yang ampuh untuk menghubungkan para klien potensial ataupun pengikut yang tertarik dengan Bitcoin.

Bergabunglah dengan platform media sosial seperti X, Reddit, dan forum mata uang kripto lainnya. Ini menjadi peluang Anda untuk bertukar pikiran dan mendapatkan banyak pengalaman terkait perkembangan Bitcoin. 

4. Berpartisipasi dalam Faucet Bitcoin

Faucet Bitcoin merupakan situs web yang menawarkan sejumlah Bitcoin secara gratis. Anda hanya perlu menyelesaikan misi sederhana, seperti memecahkan captcha atau bermain games. Meski hadiahnya relatif kecil, games tersebut dapat dilakukan secara berulang untuk mendapatkan Bitcoin dalam jumlah yang banyak. 

5. Ikuti program afiliasi

Program afiliasi merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dengan cara mempromosikan jasa atau produk dari suatu brand. Dalam platform media sosial, beberapa brand akan menyediakan layanan afiliasi yang dapat dimanfaatkan oleh para netizen.

Anda perlu mempromosikan layanan iklan maupun postingan produk untuk mendapatkan komisi dalam bentuk Bitcoin. Ini adalah cara yang efektif untuk mengakumulasi Bitcoin dalam beberapa waktu ke depan.

6. Melakukan live streaming dalam suatu platform

Platform menyediakan berbagai keuntungan bagi banyak orang. Cara lain yang dapat dilakukan untuk mendapatkan Bitcoin adalah dengan melakukan live streaming di salah satu platform online seperti Youtube dan lainnya. Contoh platform yang mampu menghasilkan Bitcoin adalah DTube.

Aplikasi DTube hampir sama dengan Youtube, tetapi memiliki fungsi dan benefit yang berbeda. DTube didasari oleh blockchain steem untuk memberikan penghargaan kepada para penonton dan pelaku live streaming tersebut, untuk mendapatkan token yang dapat diubah menjadi Bitcoin atau mata uang kripto lainnya. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Sumber : binance.com dan crypto.news
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper