Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emiten Semen SMCB Tebar Dividen Rp268,3 Miliar, Dirut Diganti

SMCB menetapkan dividen sebesar Rp268,3 miliar atau setara Rp29,74 per saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan.
Karyawan beraktivitas di PT Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (21/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan beraktivitas di PT Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (21/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. (SMCB) menetapkan dividen sebesar Rp268,3 miliar dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). Pada saat yang sama, Direktur Utama SMCB Lilik Unggul Raharjo diganti. 

Direktur Solusi Bangun Indonesia Soni Asrul Sani mengatakan dividen yang dibagikan mencerminkan rasio pembayaran 30% dari laba bersih 2023 yang berjumlah Rp894,6 miliar. Adapun dividen per saham naik menjadi Rp29,74 per saham. 

Pada tahun buku 2022, SMCB menetapkan dividen senilai Rp251,78 miliar. Lalu dengan 9,01 miliar saham tercatat di Bursa, maka dividen per saham tahun lalu mencapai Rp27,91 per lembar.

“Meskipun dihadapkan dengan tantangan pasar yang terdampak situasi geopolitik dan inflasi di tahun 2023, perseroan berhasil mempertahankan kinerja positif melalui upaya efisiensi, inovasi dan penguatan sinergi bersama SIG sebagai induk usaha,” ujarnya Jumat (31/5/2024). 

Dalam agenda lain, rapat juga memutuskan perubahan susunan pengurus. RUPT dengan hormat memberhentikan Lilik Unggul Raharjo dari jabatan Direktur Utama. 

Rapat kemudian menetapkan Asri Mukhtar sebagai Direktur Utama SMCB. Sebelum berlabuh ke perseroan, Asri merupakan mantan Direktur Utama PT Semen Padang periode 2022-2024.

Dari jajaran komisaris, rapat mengangkat kembali Prijo Sambodo sebagai Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen. Sementara itu, RUPST memberhentikan dengan hormat Yoshifumi Taura dari posisi Komisaris. 

Posisi Komisaris SMCB kini dihuni oleh Shinji Fukami, sedangkan Yohanes Surya ditetapkan oleh pemegang saham sebagai Komisaris Independen perseroan.

Selain menyetujui pembagian dividen dan perubahan pengurus perseroan, rapat juga menyetujui laporan tahunan perseroan dan pengesahan atas laporan keuangan perseroan pada 2023.

Rapat juga menyepakati perubahan Pasal 3 Anggaran Dasar tentang maksud dan tujuan serta kegiatan usaha dalam rangka penyesuaian dengan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI 2020) dan penambahan bidang usaha Perseroan. 

Berikut susunan pengurus Solusi Bangun Indonesia (SMCB) hasil RUPST 2023:

Komisaris

- Prijo Sambodo: Komisaris Utama dan Komisaris Independen

- Yohanes surya: Komisaris Independen

- Herudi Kandau Nugroho: Komisaris 

- Shinji Fukami: Komisaris 

 

Direksi

- Asri Mukhtar:  Direktur Utama

- Soni Asrul Sani: Direktur 

- Ony Suprihartono: Direktur

- Yasuhide Abe: Direktur

 

---------------------------

 

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab atas kerugian atau keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper