Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Saham Prajogo Pangestu CUAN dan PTRO usai Akuisisi

Emiten milik konglomerat Prajogo Pangestu PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN) resmi mengakuisisi PT Petrosea Tbk. (PTRO).
Aktivitas kontrak pertambangan PT Petrosea Tbk. Perusahaan memiliki pengalaman 48 tahun di bidang kontraktor pertambangan./petrosea.com
Aktivitas kontrak pertambangan PT Petrosea Tbk. Perusahaan memiliki pengalaman 48 tahun di bidang kontraktor pertambangan./petrosea.com

Bisnis.com, JAKARTA - Selesainya aksi emiten milik konglomerat Prajogo Pangestu PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN) mengakuisisi PT Petrosea Tbk. (PTRO) memberikan sentimen positif jangka pendek untuk harga sahamnya. 

Head of Research Mirae Asset Robertus Hardy mengatakan secara jangka pendek, rampungnya proses akuisisi ini akan berdampak lebih positif kepada harga saham. Hal itu karena investor mendapatkan kepastian dari aksi akuisisi tersebut.

“Jadi kalau misalnya udah bisa bersatu dalam satu grup, harapannya kan secara operasional akan bisa dilakukan oleh PTRO, kemudian penjualan batu baranya bisa diakui oleh PTRO gitu kan,” kata Robertus, Selasa (20/2/2024). 

Robertus menambahkan akuisisi tersebut juga akan mendongkrak kinerja operasional dan kinerja keuangan kedua emiten tersebut. 

Senada, Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana mengatakan secara teknikal kedua emiten tersebut masih memiliki potensi penguatan. Herditya merekomendasikan buy on weakness untuk PTRO dan CUAN. 

“Kami masih melihat potensi penguatan di PTRO dan CUAN secara teknikal,” kata dia. 

Untuk saham PTRO, Herditya mengatakan selama masih mampu di atas level support di posisi Rp4.460 per saham, maka berpeluang untuk menguji level Rp5.550 hingga Rp6.200 per saham.

Sementara itu, untuk CUAN juga memiliki support di posisi Rp5.500 dengan target harga Rp8.650 hingga Rp9.625 per saham. 

Seperti yang diketahui, emiten Prajogo Pangestu CUAN melalui anak usahanya PT Kreasi Jasa Persada telah menyelesaikan pembelian saham PTRO dan menjadi pengendali baru. 

Corporate Secretary Petrindo Jaya Kreasi Robertus Maylando Siahaya mengatakan PT Kreasi Jasa Persada (KJP) telah menyelesaikan pembelian dari PT Caraka Reksa Optima (CRO) atas sebanyak 342.925.700 saham yang mewakili 34% dari modal disetor dan ditempatkan di dalam PT Petrosea Tbk. (PTRO). 

“Dengan adanya Pengambilalihan tersebut, maka KJP menjadi pemegang saham pengendali baru di dalam PTRO,” tulis Robertus, Selasa (20/2/2024). 

Tujuan dari pengendalian adalah untuk menambah aset Perseroan, memperluas jaringan usaha serta bagian dari rencana pengembangan usaha jangka panjang Perseroan untuk menjadi perusahaan pertambangan dan jasa pertambangan yang terintegrasi.

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper