PGN Saka Raih Juara 1 Lomba Hackaton di IOC Forum SKK Migas

PGN Saka sebagai afiliasi PGN Subholding Gas Pertamina meraih Juara 1 Lomba Hackaton SKK Migas kategori Proof of Concept - Advanced Level Pemanfaatan AI/ML.
Foto: PGN Saka Raih Juara 1 Lomba Hackaton di IOC Forum SKK Migas
Foto: PGN Saka Raih Juara 1 Lomba Hackaton di IOC Forum SKK Migas

Bisnis.com, JAKARTA - PGN Saka sebagai afiliasi PGN Subholding Gas Pertamina meraih Juara 1 Lomba Hackaton SKK Migas dalam kategori Proof of Concept - Advanced Level Pemanfaatan AI/ML terkait inovasi digital di Industri Hulu Migas pada 08 – 10 November 2023 dalam acara Integrated Operation Centre (IOC) Forum ke-4 2023 di City Hall Plaza SKK Migas. Pencapaian ini diraih hasil dari kolaborasi tim antar departemen yaitu tim ESPresso, dimana dalam acara ini PGN Saka juga ditunjuk sebagai salah satu host pada IOC Forum kali ini.

ESP Predictive Solution (ESPresso) merupakan sebuah inovasi solusi PGN Saka yang ditawarkan sebagai inovasi internal dan utilisasi open-source, dimana meliputi dua aspek kunci; Anomaly Detection dan prediksi Remaining Useful Life (RUL). Tim dari PGN Saka yang menggagas inovasi ESPresso yaitu Arif Afandy, Risma Yudhanto, Ifani Ramadhani (Operations Engineering), Raditia Wiyadi (IT), dan Harris Pramana (Subsurface).

Inovasi ini bertujuan untuk menerapkan ide dengan menggabungkan teknologi, keahlian, dan machine learning; Untuk mengembangkan sistem peringatan dini untuk memantau kinerja pompa ESP yang dipasang di sumur produksi PGN Saka dan memprediksi RUL sebagai deteksi kapan diperlukan penggantian unit/komponen dari ESP tersebut. Sehingga akan menghasilkan solusi kolaborasi internal pertama untuk memberikan pengetahuan dalam penggunaan machine learning dan pemahaman kinerja melalui wawasan berbasis data.

Dengan jumlah asset yang banyak dan jumlah tenaga kerja yang terbatas, digitalisasi memegang peranan penting dalam kegiatan Operasi harian PGN Saka. Sejak tahun 2014, PGN Saka secara bertahap terus meningkatkan pemanfaatan teknologi Digital dalam rangka mencari dan menjaga Produksi Hidrokarbon dari perut bumi. Proses Transformasi Digital di PGN Saka dimotori oleh para Perwira dan Pertiwi dengan berbagai latar belakang, seperti Operations, Engineering dan Information Technology.

Di tahun 2023, PGN Saka mencanangkan program Digital Twin di Wilayah Kerja Pangkah. Digital Twin merupakan replika dari Fasilitas Produksi Migas berupa tampilan model 3 Dimensi, yang terkoneksi dengan Real-time Sensor dan berbagai Informasi pendukung seperti laporan inspeksi, dokumen teknis, gambar equipment, data drawing dan PNID diagram.

Deputi Ekspoitasi SKK Migas Wahju Wibowo yang hadir dalam acara IOC Forum 2023 menyampaikan bahwa adopsi AI/ML di industri hulu migas sudah menjadi kebutuhan penting agar industri ini dapat terus bertahan dan berkembang. Saat ini, peranan teknologi akan sangat menentukan dalam mencapai keberhasilan bisnis, termasuk di industri hulu migas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper