Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semen Indonesia (SMGR) Pasok Tetrapod di Raja Ampat

PT Varia Usaha Beton (VUB), anak usaha emiten BUMN semen PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) memasok beton tetrapod, di kawasan Raja Ampat, Papua Barat.
PT Varia Usaha Beton (VUB), anak usaha emiten BUMN semen PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) memasok beton tetrapod, di kawasan Raja Ampat, Papua Barat. /Indonesia Travel
PT Varia Usaha Beton (VUB), anak usaha emiten BUMN semen PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) memasok beton tetrapod, di kawasan Raja Ampat, Papua Barat. /Indonesia Travel

Bisnis.com, JAKARTA - PT Varia Usaha Beton (VUB), anak usaha emiten BUMN semen PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) kembali mendapat kepercayaan memasok beton tetrapod, di kawasan Raja Ampat, Papua Barat Daya.  

Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia Group (SIG) Vita Mahreyni menjelaskan bahwa proyek ini merupakan upaya pelestarian kawasan wisata Raja Ampat yang telah ditetapkan sebagai destinasi wisata prioritas oleh pemerintah. 

Pada proyek ini, VUB akan memasok 2.630 unit tetrapod pemecah gelombang untuk Pulau Fani, Raja Ampat. Setiap unit tetrapod memiliki berat 1,2 ton dan diproduksi di Plant Beton Precast VUB Gresik, Jawa Timur.

“Tetrapod produk dari VUB terbukti unggul secara kualitas karena diproduksi dengan bahan dasar DuPro+, produk SIG yang menghasilkan beton dengan panas hidrasi rendah dan ketahanan optimal terhadap sulfat serta klorida,” ujar Vita dalam keterangannya, dikutip Sabtu (22/7/2023). 

Tetrapod berguna untuk memecah ombak air laut agar tidak merusak keindahan dan keasrian pantai, sekaligus melindungi dari ancaman abrasi. Dalam konteks kawasan ini, keberadaan Pulau Fani yang merupakan pulau terluar yang terletak di Samudera Pasifik, membuatnya memiliki potensi abrasi yang cukup besar.

Adapun, VUB juga telah berpengalaman memasok tetrapod ke sejumlah proyek strategis, salah satunya Daerah Aliran Sungai (DAS) Bogowonto sebanyak 586 tetrapod dengan berat 1,8 ton per unit. 

Selain itu, Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang sebanyak 1.000 unit dengan berat 1 ton, serta kawasan wisata Tanah Lot di Bali dengan jenis tetrapod yang dipasok seberat 10 ton per unit. 

Vita melihat kontribusi VUB dalam berbagai proyek pembangunan menunjukkan kepercayaan publik yang tinggi terhadap produk-produk besutan VUB.

“Keunggulan lain yang tak kalah pentingnya dari VUB, yaitu ketepatan dalam jumlah dan waktu produksi, serta proses pengiriman,” tambah Vita.

Ke depan, SIG bersama berbagai anak usaha berkomitmen untuk terus berinovasi menciptakan solusi layanan dan produk yang memenuhi beragam kebutuhan pembangunan. 

Tak terkecuali buat VUB sebagai salah satu unit usaha SIG yang memproduksi berbagai macam produk beton. Antara lain, beton siap pakai, beton pracetak, beton masonry, crushed stone, hingga jasa konstruksi dan sewa peralatan. 

“Ini adalah bukti bahwa solusi dari SIG bukan hanya untuk konstruksi perumahan dan infrastruktur, tapi juga untuk pengendalian lingkungan dengan memanfaatkan solusi seperti tetrapod ini. Hal ini sejalan dengan komitmen sustainability SIG pada pilar Mendorong Solusi dan Inovasi Berkelanjutan,” tutupnya.

Terlebih, produk dan layanan VUB berupaya mengedepankan keunggulan tepat mutu, tepat waktu, tepat jumlah, serta ramah lingkungan, karena didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten dan kelengkapan mesin dan peralatan yang sesuai standar dan serba otomatis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper