Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Genjot Transisi Energi, United Tractors Gandeng PLN Kejar Renewable Energy Certificate (REC)

United Tractors (UNTR) bekerja sama dengan PLN melakukan transisi energi dengan mengupayakan Renewable Energy Certificate (REC) di 15 kantor cabang.
United Tractors (UNTR) bekerja sama dengan PLN melakukan transisi energi dengan mengupayakan Renewable Energy Certificate (REC) di 15 kantor cabang./dok. UNTR
United Tractors (UNTR) bekerja sama dengan PLN melakukan transisi energi dengan mengupayakan Renewable Energy Certificate (REC) di 15 kantor cabang./dok. UNTR

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten Grup Astra, PT United Tractors Tbk. (UNTR) menggandeng PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk mendapatkan Renewable Energy Certificate (REC) dalam upaya transisi energi mencapai nol emisi pada 2060 mendatang.

Pada tahap pertama, UNTR menargetkan bisa mendapatkan Renewable Energy Certificate (REC) di 15 titik kantor cabang usahanya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca atau Greenhouse Gas (GHG) Reduction mencapai setara 3.582 ton CO2. Hal ini merupakan salah satu strategi transisi korporasi di bidang energi.

Head of Corporate Governance and Sustainability Division, Sara K. Loebis menyampaikan bahwa kerja sama antara UNTR dan PLN merupakan salah satu strategi transisi korporasi di bidang energi.

“Sebagai salah satu strategi transisi korporasi di bidang energi, harapannya, kolaborasi yang dilakukan bersama PT PLN ini dapat berperan sebagai konektor industri energi dan informasi di Indonesia, serta mewujudkan inisiatif transisi energi yang bisa berkontribusi terhadap keberlanjutan lingkungan,” ujar Sara dalam keterangan resmi, Rabu (14/6/2023).

Dalam rangka mencapai target tersebut, UNTR mulai bekerja sama PLN sejak Juni 2022 di kawasan Pusat Pengembangan Industri (PPI) Cakung untuk lima tahun yang akan datang.

Adapun, cabang pertama yang mendapatkan sertifikat REC adalah UT cabang Surabaya sebanyak 200 unit yang diberikan oleh PLN UP3 Surabaya.

"Dalam mendukung pemanfaatan energi ramah lingkungan, penggunaan energi listrik di kantor UT cabang Surabaya berasal dari hasil produksi pembangkit listrik tenaga panas bumi yang berasal dari PLTP Kamojang," paparnya.

PLTP Kamojang sendiri merupakan salah satu pembangkit listrik panas bumi terbesar di Indonesia yang merupakan salah satu contoh sukses pengembangan energi terbarukan dengan menggunakan panas bumi sebagai sumber energi untuk menghasilkan listrik.

Selain Surabaya, cabang lainnya yang mendapatkan sertifikat REC dari PT PLN adalah UT cabang Semarang pada hari Senin (29/05/2023). Jumlah REC yang diambil sebanyak 177 unit dari PLTA Bakaru yang merupakan sebuah pembangkit listrik tenaga air di  Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

PLTA Bakaru menghasilkan energi listrik menggunakan aliran air dari sungai yang hasil produksinya akan disalurkan untuk penggunaan listrik di kantor UNTR cabang Semarang.

Cabang lainnya yang baru saja menerima sertifikat REC yaitu Cabang Balikpapan dengan jumlah 633 unit dan cabang Makassar juga menerima sertifikat REC sebanyak 252 unit yang berasal dari PLTA Bakaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper