Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Samator Indo Gas (AGII) Dapat Tambahan Komisaris dan Direksi dari Matrix Company

Dalam RUPST, Samator Indo Gas Tbk. (AGII) merombak jajaran direksi.
Jajaran komisaris dan direksi PT Samator Indo Gas Tbk (AGII) pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2022/Istimewa
Jajaran komisaris dan direksi PT Samator Indo Gas Tbk (AGII) pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2022/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — PT Samator Indo Gas Tbk (AGII) telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2022 pada 31 Mei 2023. Dalam RUPST tersebut, Perseroan menyepakati perombakan jajaran direksi dan komisaris.

Anggota jajaran Manajemen yang diangkat pada RUPST hari ini adalah Atiff Ibrahim Gill sebagai Komisaris Perseroan, Hans-Gerd Wienands selaku Komisaris Independen Perseroan, dan Andy Purwohardono diangkat sebagai Direktur Perseroan

Adapun, komposisi Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan setelah RUPST adalah sebagai berikut:

Komisaris

Komisaris Utama: Heyzer Harsono

Wakil Komisaris Utama: Rasid Harsono

Wakil Komisaris Utama: Setyo Wahono

Komisaris: Michael William P. Soeryadjaya

Komisaris: Atif Ibrahim Gill

Komisaris Independen: Sutanto

Komisaris Independen: Robiyanto

Komisaris Independen: Hans-Gerd Wienands

Direksi

Direktur Utama: Rachmat Harsono

Wakil Direktur Utama: Ferryawan Utomo

Direktur: Imelda Mulyani Harsono

Direktur: Nini Liemijanto

Direktur: Budi Susanto

Direktur: Djanarko Tjandra

Direktur: Octavianus Santoso Rastanto

Direktur: Andy Purwohardono

Sebagai informasi, per 15 Maret 2023, Matrix Company Limited, sebuah perusahaan investasi induk yang dikelola oleh CVC Capital Partners (CVC) telah membeli saham minoritas signifikan di Perseroan dari pemegang saham eksisting dengan nilai sekitar US$155 juta. 

CVC Asia Pacific sendiri merupakan manajer investasi alternatif global terkemuka dengan 137 miliar euro aset yang dikelola dan rekam jejak investasi yang kuat di Indonesia setelah 7 (tujuh) investasi lainnya di Indonesia. 

"Melalui konteks tersebut, Perseroan dengan rasa hormat menyambut keterlibatan Matrix Company Limited yang saat ini terwujud dalam susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan," ungkap Direktur Utama AGII, Rachmat Harsono dalam keterangan pers, Kamis (1/6/2023).

Melalui perubahan susunan manajemen yang berkolaborasi dengan CVC, Rachmat menegaskan bahwa Perseroan optimistis akan terus tumbuh dan memperkuat posisinya pada sektor gas industri dan medis di Indonesia. 

"Perubahan susunan ini merupakan bagian dari komitmen Perseroan untuk terus bertransformasi positif dan diharapkan mampu membawa manfaat yang signifikan bagi para pemegang saham yang sejalan dengan visi misi Perseroan, serta membuka peluang besar untuk turut berkontribusi pada pembangunan ekonomi Indonesia," imbuhnya.

Selain perubahan susunan manajemen, RUPST Perseroan juga sepakat akan membagikan dividen tunai Tahun Buku 2022 sebesar Rp 14,9 miliar. Jumlah dividen yang dibagikan setara 15 persen laba bersih perseroan tahun lalu yang sebesar Rp99,34 miliar. 

"Nantinya, para pemegang saham akan mendapatkan dividen sebesar Rp4,86 per saham," papar Rachmat.

Perseroan menyisihkan laba bersih tahun buku 2022 sebesar Rp5 miliar untuk dana cadangan, sementara sebesar Rp79,4 miliar lainnya digunakan untuk menambah saldo laba (retained earning) untuk mendukung pengembangan usaha Perseroan. 

Adapun, Perseroan mencatat total penjualan mencapai Rp2,61 triliun, laba bruto mencapai Rp1,16 triliun, dan laba Tahun Berjalan tercetak positif di level Rp103,89 miliar sepanjang 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper