Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cimory (CMRY) Habiskan Rp925 Miliar Dana IPO, Sisa Rp2,64 Triliun

Produsen produk susu Cimory PT Cisarua Mountain Dairy Tbk. (CMRY) melaporkan telah merealisasikan penggunaan dana hasil initial public offering (IPO).
Produk susu PT Cisarua Mountain Diary Tbk. atau Cimory.
Produk susu PT Cisarua Mountain Diary Tbk. atau Cimory.

Bisnis.com, JAKARTA – Produsen produk susu Cimory PT Cisarua Mountain Dairy Tbk. (CMRY) melaporkan telah merealisasikan penggunaan dana hasil initial public offering (IPO) sebesar Rp925,70 miliar. Perusahaan yang resmi melantai di Bursa Efek Indonesia pada Desember 2021 itu menghimpun dana IPO sebesar Rp3,66 triliun.

Direktur Cisarua Mountain Dairy Bharat Shah Joshi dalam keterbukaan informasi menyampaikan mayoritas realisasi penggunaan dana IPO digunakan untuk belanja modal dalam rangka penambahan kapasitas produksi.

Cimory telah menghabiskan Rp613,45 miliar untuk perluasan pabrik dan pembelian mesin. Dalam prospektus, rencana penggunaan dana IPO untuk belanja modal dialokasikan sebesar Rp1,18 triliun.

Selanjutnya terdapat realisasi penggunaan dana IPO sebesar Rp61,18 miliar untuk ekspansi saluran distribusi. Jumlah itu merefleksikan realisasi sebesar 11,37 persen dari rencana dalam prospektus sebesar Rp537,9 miliar.

Cimory juga melaporkan telah menggunakan Rp251,06 miliar untuk modal kerja. Mereka telah menggunakan seluruh alokasi modal kerja sebagaimana tertuang dalam prospektus.

Sementara itu, rencana perseroan untuk melakukan penyetoran modal ke entitas anak PT Macroprima Panganutama dan PT Macrosentra Niagaboga belum terlaksana. Menurut prospektus, emiten berkode saham CMRY ini akan menyetorkan modal sebesar Rp896,6 miliar ke Macroprima Panganutama, dan sebesar Rp717,3 miliar ke Macrosentra Niagaboga.

Sebagai informasi, Macroprima Panganutama merupakan anak usaha CMRY yang memproduksi sosis dengan jenama Kanzler. Sementara itu, Macrosentra Niagaboga merupakan anak usaha CMRY di bidang distribusi.

Dengan realisasi di atas, maka sisa dana IPO yang belum dipakai Cimory mencapai Rp2,64 triliun. Mayoritas sisa dana hasil penawaran umum saat ini ditempatkan dalam deposito berjangka dengan jangka waktu penyimpanan satu bulan. Terdapat pula dana yang disimpan di obligasi dengan masa penyimpanan 11 sampai 35 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper