Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

United Tractors (UNTR) Kucurkan Pinjaman Rp480 Miliar ke Patria Maritime Lines

PT United Tractors Tbk. (UNTR) memberikan pinjaman kepada PT Patria Maritime Lines selaku anak usaha untuk modal kerja.
Jajaran Direksi PT United Tractors Tbk (UNTR), usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Jumat, 8 April 2022./dok. UNTR
Jajaran Direksi PT United Tractors Tbk (UNTR), usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Jumat, 8 April 2022./dok. UNTR

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten pertambangan dan alat berat Grup Astra, PT United Tractors Tbk. (UNTR) memberikan pinjaman senilai Rp460 miliar sebagai modal kerja anak usaha, PT Patria Maritime Lines (PML).

Corporate Secretary UNTR Sara K. Loebis mengatakan UNTR dan PML telah menandatangani perubahan atas perjanjian pinjaman yang sebelumnya dilakukan pada 29 Mei 2019. Adapun pinjaman yang diberikan UNTR berubah dari Rp280 miliar menjadi Rp460 miliar.

Merujuk pada keterbukaan Informasi Nomor 070/CORP/9981/VI/19 tertanggal 10 Juni 2019, perseroan telah melaporkan keterbukaan informasi kepada Otoritas Jasa Keuangan terkait Perjanjian Pinjaman tertanggal 29 Mei 2019 antara Perseroan dengan anak perusahaan Perseroan yakni PT Patria Maritime Lines,” ujar Sara dalam keterbukaan informasi, Sabtu (18/2/2023).

Pinjaman itu merupakan transaksi afiliasi karena perseroan mengempit kepemilikan saham di PML melalui PT United Tractors Pandu Engineering. Pinjaman akan digunakan untuk modal kerja PML yang bersifat term loan dengan bunga JIBOR + 0,5 persen.

Secara bisnis, UNTR menilai akan lebih menguntungkan apabila PML mendapatkan pinjaman tersebut dibandingkan dengan harus menyimpan dana kasnya di bank dengan rate deposito saat ini.

Sebagai gambaran, United Tractors Pandu Engineering menjalankan bisnis solusi teknik dan logistik di bidang industri alat berat, maritim, serta industri. Sementara itu, PML bergerak di bidang jasa logistik pengangkutan batu bara dan crude palm oil (CPO).

Sebagai informasi, UNTR akan membagikan dividen untuk tahun buku 2022. Emiten konstituen indeks IDX High Dividend 20 (IDXHIDIV20) ini merupakan emiten yang loyal menebar dividen setiap tahunnya.

“Perihal dividen tahun 2022, pasti United Tractors akan membagikan dividen. Namun untuk rasionya, saya tidak dapat memberikan petunjuk, mendahului RUPS nanti,” kata Sara kepada Bisnis, Rabu (15/2/2023).

Diketahui, UNTR diketahui konsisten membagikan dividen dengan rasio pembayaran (dividen payout ratio/ DPR) sama atau di atas 40 persen dari laba bersih tahun buku periode 2016—2020. Bahkan, DPR perseroan pernah menembus 67 persen untuk kinerja tahun keuangan 2015.

Pada Oktober 2022 lalu, perseroan membagikan dividen interim untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2022 ke pemegang saham. Jumlah dividen interim UNTR saat itu mencapai Rp Rp3,05 triliun, atau setara dengan Rp818 per saham.

Adapun UNTR merupakan emiten swasta penghuni IDX High Dividend 20. Indeks ini dikenal dengan konstituennya yang rajin membagikan dividen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper