Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Emas Hari Ini Jatuh Kembali, Dolar AS Kian Perkasa

Harga emas kembali jatuh pada Rabu (19/10/2022) tertekan dolar AS yang menguat setelah imbal hasil obligasi pemerintah AS 10 tahun yang dijadikan acuan naik.
Ilustrasi emas global/Pexels.
Ilustrasi emas global/Pexels.
Live Timeline

Bisnis.com, JAKARTA - Harga emas dunia kembali jatuh pada Rabu (19/10/2022) tertekan dolar AS yang menguat setelah imbal hasil obligasi pemerintah AS 10 tahun yang dijadikan acuan melonjak ke level tertinggi 14 tahun.

Harga emas Comex New York Exchange anjlok US$21,60 atau 1,3 persen menjadi ditutup pada US$1.634,20 per ounce, setelah diperdagangkan di kisaran terendah sesi di 1.634,90 dan tertinggi di 1.659,80.

Mengutip Antara, dolar AS terapresiasi pada perdagangan Rabu (19/10/2022) di tengah momentum kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah. Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, terangkat 0,76 persen menjadi 112,9820.

Dolar menguat menyusul serangkaian komentar hawkish dari pejabat Fed. Presiden Fed Minneapolis Neel Kashkari mengatakan The Fed dapat mendorong suku bunga acuannya di atas 4,75 persen jika inflasi yang mendasarinya tidak mereda.

Komentarnya datang hanya beberapa hari setelah data menunjukkan inflasi AS tetap keras di dekat level tertinggi 40 tahun meskipun terjadi serangkaian kenaikan suku bunga tajam tahun ini.

Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic juga menekankan perlunya mengendalikan inflasi, mengutip tekanan pada pasar tenaga kerja dari kenaikan suku bunga dan harga.

Imbal hasil acuan obligasi pemerintah AS 10-tahun naik 13 basis poin menjadi sekitar 4,13 persen pada Rabu (19/10/2022) sore, sementara imbal hasil pada surat utang pemerintah AS 2-tahun yang sensitif terhadap kebijakan suku bunga naik menjadi 4,55 persen.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS yang meningkat adalah bullish bagi dolar, sedangkan imbal hasil yang turun adalah bearish bagi dolar.

Emas berada di bawah tekanan tambahan karena Departemen Perdagangan AS melaporkan pada Rabu (19/10/2022) bahwa konstruksi rumah AS turun 1,6 persen ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman 1,56 juta unit pada September, 7,4 persen di atas tingkat satu tahun lalu, tetapi lebih rendah dari revisi 1,72 juta pada Agustus.

17:30 WIB
Harga Emas Berpeluang Turun

Menurut tim riset MIFX memperkirakan harga emas bergerak lebih rendah karena ekspektasi kenaikan suku bunga Federal Reserve yang lebih banyak mendorong imbal hasil obligasi AS dan menyebabkan aksi jual tajam di pasar logam.

Imbal hasil obligasi AS saat ini berada di level tertinggi sejak krisis keuangan 2008 karena prospek kenaikan suku bunga lebih banyak membuat investor membuang obligasi. Ini juga mendorong dolar AS.

Prospek yang kuat untuk dolar AS menekan harga emas batangan, sementara kenaikan suku bunga mendorong biaya peluang memegang emas dan hal ini yang sangat membebani harga tahun ini.


Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper