Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Matahari (LPPF) Buka Gerai Baru ke-3 Tahun Ini, Target 10

Matahari Department Store (LPPF) menargetkan kepemilikan gerai sebanyak 148 unit hingga akhir 2022
Gerai baru PT Matahari Department Store Tbk. (LPPF)/Dok.Perusahaan.
Gerai baru PT Matahari Department Store Tbk. (LPPF)/Dok.Perusahaan.

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten ritel PT Matahari Department Store Tbk. (LPPF) kembali membuka gerai baru pada hari ini, Kamis (25/8/2022). Gerai yang berlokasi di Tang City Mall, Tangerang ini menjadi gerai ketiga yang dibuka tahun ini dan merupakan gerai ke-30 di Jabodetabek.

Manajemen Matahari menyebutkan pembukaan gerai di Tang City Mall sejalan dengan rencana untuk mempercepat ekspansi. Sampai akhir tahun, Matahari berencana membuka 7 gerai baru lagi, tergantung pada kondisi yang berlaku.

Gerai di Tang City Mall mengusung konsep baru dengan penataan gerai yang luas. Matahari menggunakan 100 persen sistem pencahayaan LED yang ramah lingkungan dan menjadikan masyarakat setempat sebagai mayoritas karyawan di gerai.

“Kehadiran gerai Matahari baru dengan konsep gerai terbaru kami ini merupakan bagian dari upaya kami untuk lebih dekat dengan komunitas kami dan memperkuat pangsa pasar di Jabodetabek” kata Terry O'Connor, CEO Matahari dalam siaran pers, Kamis (25/8/2022).

Selama periode grand opening, Matahari menawarkan sejumlah promosi seperti Gift Voucher Rp 50.000 gratis tanpa minimal transaksi (selama persediaan masih ada), Promo Belanja dengan kartu debit BNI dapatkan diskon langsung Rp46.000 dengan minimal pembelanjaan Rp460.000, harga spesial produk anak, dan promo-promo lainnya.

LPPF sendiri menargetkan kepemilikan gerai sebanyak 148 unit hingga akhir 2022, sejalan dengan rencana ekspansi yang telah dijalankan perseroan. Perseroan juga menaikkan proyeksi dividen setahun penuh didukung oleh optimisme kinerja yang lebih baik.

Sepanjang semester I/2022, LPPF telah membuka dua gerai dengan konsep baru, yakni gerai di Mal Taman Anggrek Jakarta dan peluncuran kembali gerai di Karawaci. LPPF akan melanjutkan penambahan gerai di paruh kedua 2022 dengan rencana pembukaan delapan gerai baru sampai akhir tahun, dengan enam di antaranya telah mengantongi kepastian kontrak.

Enam unit tersebut mencakup gerai di Tangerang, Banten; Gowa, Sulawesi Selatan; Bondowoso, Jawa Timur; Semarang, Jawa Tengah; Kendari, Sulawesi Tenggara; dan Bontang, Kalimantan Timur.

“Rangkaian pembukaan ini akan melengkapi jumlah gerai secara nasional menjadi 148 pada akhir tahun 2022. Perseroan sedang mengembangkan rencana pembukaan jaringan pada 2023 yang terdiri dari 12 Sampai 15 gerai dan yakin akan pertumbuhan lebih lanjut pada masa depan,” kata O'Connor akhir Juli 2022.

O'Connor mengatakan perseroan akan terus fokus pada peningkatan penawaran produk kepada pelanggan, memberikan keunggulan operasional, dan kecermatan dalam biaya demi mendorong kinerja yang unggul. LPPF juga berkomitmen mengelola bisnis dan sumber daya dengan cara berkelanjutan.

“Sebagai cerminan dari kepercayaan diri kami pada bisnis inti kami, kami tidak memiliki rencana akuisisi atau investasi dan kami percaya fokus ini akan membantu kami mencapai pertumbuhan dua digit atas penjualan dan laba di tahun depan,” lanjutnya.

Penambahan gerai sampai akhir tahun ini diharapkan dapat menjadi dorongan bagi kinerja positif yang tercatat sepanjang semester I/2022. Selama periode ini, pendapatan bersih LPPF tercatat naik menjadi Rp3,76 triliun pada Januari—Juni 2022, dari Rp3,57 triliun pada periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Penjualan eceran masih menjadi kontributor pendapatan terbesar dengan nilai Rp2,18 triliun, meski turun tipis dibandingkan dengan realisasi semester I/2022 sebesar Rp2,19 triliun.

Adapun penjualan penjualan kotor Matahari mencapai Rp7,2 triliun pada semester I/2022 atau 9,2 persen lebih tinggi daripada periode yang sama pada tahun lalu. Sementara itu, same-store sales growth (SSSG) pada semester I/2022 berada di angka 10,9 persen dengan margin kotor 36 persen, lebih tinggi daripada 34,9 persen di semester I/2021.

Didukung aktivitas perdagangan pada Lebaran yang kuat, EBITDA perseroan pada paruh pertama 2022 mencapai Rp1,3 triliun atau menyamai pencapaian sepanjang 2021. Berkaca pada kinerja positif yang berlanjut pada Juli 2022, Matahari pun memutuskan meningkatkan panduan EBITDA 2022 dari Rp2 triliun menjadi Rp2,1 triliun.

Perseroan turut mengerek proyeksi dividen tahun penuh 2022 menjadi Rp525 per saham, dari sebelumnya Rp500 yang merupakan tertinggi dalam sejarah perseroan. Proyeksi ini sejalan dengan prospek yang membaik dan proyeksi arus kas yang lebih baik.

“Sejalan dengan itu, kami meningkatkan proyeksi dividen setahun penuh menjadi Rp525 per saham atau lebih dengan pembayaran setiap tahun,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper