Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cek Data Perbandingan Kinerja 18 Emiten Batu Bara Q1/2022

Cek data lengkap perbandingan kinerja emiten batu bara selama triwulan pertama 2022 sebagaimana dihimpun DataIndonesia.id di sini.
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (14/1/2022). Foto ilustrasi. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (14/1/2022). Foto ilustrasi. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA -- Cek data lengkap perbandingan kinerja emiten batu bara selama triwulan pertama 2022 sebagaimana dihimpun DataIndonesia.id di sini.

Data yang dihimpun antara lain perbandingan pendapatan, perbandingan pertumbuhan pendapatan, perbandingan laba bersih, perbandingan total aset, perbandingan liabilitas, serta perbandingan ekuitas.

Selain itu, ada perbandingan ROA atau rasio pengembalian aset, perbandingan ROE atau rasio pengembalian ekuitas, serta perbandingan NPM atau net profit margin. Ada juga data emiten dengan DER atau debt to equity ratio di bawah 1.

Data beserta visualisasi dan analisis selengkapnya dapat disimak melalui DataIndonesia.id dalam laporan Tuah Kinerja Emiten Batu Bara Berkat Konflik Rusia-Ukraina di sini.

Kinerja emiten yang tergabung dalam subsektor produsen batu bara masih menunjukkan pertumbuhan signifikan pada kuartal I/2022.

Hal itu terlihat baik dari sisi pendapatan maupun laba bersih secara rata-rata.

Cemerlangnya kinerja emiten batu bara tak lepas dari berkah kenaikan harga emas hitam tersebut. Terlebih, memanasnya konflik geopolitik di Eropa Timur antara Rusia dan Ukraina pada awal tahun ini semakin mendorong lonjakan harga batu bara.

Berdasarkan data yang dihimpun Dataindonesia.id, ada 18 emiten batu bara yang telah kinerja usahanya pada periode Januari-Maret 2022.

Dari jumlah itu, rata-rata pendapatan mereka melejit 103,74% (yoy). Kenaikan pendapatan turut mendorong pertumbuhan laba bersih hingga 315,21% (yoy) secara rata-rata. Selengkapnya di sini.

Dari sisi nominal, PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO) masih belum terkalahkan dengan pendapatan sebesar Rp17,57 triliun pada kuartal I/2022. Laba bersih emiten berkode saham ADRO ini meroket 449,08% (yoy) dari Rp1,05 triliun menjadi Rp5,74 triliun. Selengkapnya di sini.

Sementara melihat pertumbuhannya, PT Borneo Olah Sarana Sukses Tbk. (BOSS) menempati urutan pertama karena sukses mencetak kenaikan pendapatan hingga 416,51% (yoy) dari Rp10,77 miliar menjadi Rp55,50 miliar.

Sedangkan, PT Indika Energy Tbk. (INDY) mengalami perbaikan bottom line paling signifikan hingga 889,31% (yoy) lantaran membalik rugi Rp136,42 miliar menjadi laba Rp1,08 triliun.

Sepanjang kuartal I tahun ini juga terpantau tidak ada satu pun emiten produsen batu bara yang mengalami rugi bersih.

Bahkan, selain INDY, ada tiga emiten yang berhasil membalik rugi menjadi untung, yakni PT Bumi Resources Tbk. (BUMI), PT Atlas Resources Tbk. (ARII), dan PT Borneo Olah Sarana Sukses Tbk. (BOSS).

Masih ada dua emiten batu bara yang belum merilis laporan keuangan per kuartal I/2022. Mereka adalah PT Garda Tujuh Buana Tbk. (GTBO) dan PT Trada Alam Minera Tbk. (TRAM). Selengkapnya di sini.

Rekapan kinerja emiten produsen batu bara ini disetarakan dalam mata uang rupiah dengan kurs nilai tukar US$1= Rp14.349 per Maret 2022 dan US$1=Rp14.572 per Maret 2021.

Simak data beserta visualisasi dan analisis selengkapnya melalui DataIndonesia.id dalam laporan Tuah Kinerja Emiten Batu Bara Berkat Konflik Rusia-Ukraina di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : DataIndonesia.id
Editor : Setyardi Widodo
Sumber : DataIndonesia.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper